25 radar bogor

Mengarah ke Genosida, Wapres Ma’ruf Amin Sebut Serangan Israel ke Palestina Bukan Untuk Bela Diri

Ma'ruf Amin Sebut Serangan Israel ke Palestina Bukan Bela Diri tetapi Mengarah ke Genosida

RADAR BOGOR, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menegaskan bahwa serangan Israel terhadap rakyat di Palestina bukan lagi sebuah tindakan untuk bela diri dari kelompok militan Hamas Palestina, tetapi sudah mengarah pada genosida.

Baca Juga : Pasukan Berkuda Ikut Ramaikan Aksi Bela Palestina di Tugu Kujang

“Dunia menganggap itu sudah melebihi tindakan membela diri. Sudah melakukan pembantaian. ‘Genocide’ itu,” kata Wapres Ma’ruf usai meresmikan proyek milik Citra Borneo Indah (CBI) Group di Kalimantan Tengah yang disaksikan melalui tayangan video di Jakarta, Rabu.

Wapres mengatakan Indonesia bersama sejumlah negara anggota Dewan Keamanan PBB sudah menyepakati bahwa tindakan Israel ke Palestina merupakan pembantaian dan meminta agar penyerangan tersebut dihentikan.

Negara-negara Arab pun, kata Ma’ruf, tidak bisa melakukan intervensi karena putusan PBB melalui “two-state-solution” tidak mencapai kesepakatan bersama karena penolakan dari Israel dan Amerika Serikat.

Indonesia bersama negara lain berupaya mendorong agar penyelesaian sengketa antara Palestina dan Israel dapat mengikuti putusan “two-state-solution” di forum PBB. “Masalahnya bukan hanya di dunia Arab tetapi di forum PBB itu sendiri sehingga putusan yang sudah ada belum bisa dieksekusi. Ini yang harus kita, kalau kita bisa mengembalikan itu kepada ‘two state solution’ dan semua bisa sepakat, mungkin bisa selesai,” kata Ma’ruf.

Indonesia bersama negara-negara pendukung tengah memperjuangkan agar bantuan logistik dapat segera disalurkan. Hal itu karena sebelumnya bantuan yang dihimpun Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan masyarakat dunia sempat tertahan di Rafah, Mesir, satu-satunya jalur distribusi untuk masuk ke jalur Gaza. “Secara umum kita juga menyerukan agar kiriman itu, yang datang banyak, terutama melalui Kairo, Mesir, supaya tidak ada hambatan,” tambah Wapres.

Baca Juga : Ratusan Mahasiswa dan Dosen FAI UIKA Gelar Aksi Bela Palestina: Berdoa Sekaligus Galang Dana Bantuan

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Palestina, tercatat lebih dari 5.000 orang terbunuh di Gaza, Palestina akibat serangan balasan Israel selama dua minggu terakhir. Kebutuhan logistik bagi lebih dari satu juta penduduk yang terhimpit di tengah serangan di wilayah tersebut semakin meningkat. (Jpg)

Editor : Yosep/Rachmi-pkl