25 radar bogor

Marak Pembangunan Vila Liar di Caringin Bogor, Pengelola Beralasan Ini

Penampakan vila diduga liar di Caringin. Arifal/Radar Bogor
Penampakan vila diduga liar di

CARINGIN-RADAR BOGOR, Keberadaan vila liar di Kabupaten Bogor, khususnya wilayah Bogor Selatan, seperti tidak ada habisnya.

Teranyar, terendus keberadaan diduga vila liar yang jumlahnya hingga belasan unit, di satu hamparan, tepatnya di Desa Lemah Duhur, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.

Diketahui, vila yang memiliki nama Saung Ibu Wiesye itu, berada di atas lahan ribuan meter persegi. Vila tersebut diduga belum mengantongi izin alias bodong.

Saat dikonfirmasi, Kanit Trantibum Pol PP Kecamatan Caringin Andriyansyah mengaku baru mengetahui keberadaan vila tersebut.

“Nanti saya cek ke lokasi, soalnya kami baru tahu. Terima kasih kang infonya, saya akan tegur dan mengundang pemilik villa kita desa untuk mengurus perijinannya dulu,” katanya kepada Radar Bogor.

Baca juga: Mau Nginap di Vila Milik Menteri di Puncak? Siapkan Uang Segini

Setelah melakukan pengecekkan, lanjut Andriansyah, pihaknya mengklaim perizinan sedang diurus pemilik. Andriansyah akan terus mendesak, agar perizinan segera diselesaikan secepatnya.
Untuk sementara, dirinya juga akan berkordinasi terlebih dahulu dengan semua pihak, termasuk Satpol PP kabupaten Bogor.

“Saya telah meminta ke pengelola agar perizinan diurus terlebih dahulu, dan mereka mengaku sedang mengurusnya,” tuturnya.

Kendati demikian, Andriansyah mengaku pihaknya tidak dapat mengambil tindakan, dengan dalih penindakan karena ranah Satpol PP Kabupaten Bogor.

Baca juga: Vila Mewah Milik Jenderal TNI di Puncak Ludes Terbakar

“Untuk sementara saya belum bisa mengambil tindakan. Karena penindakkan itu, ranah atau kewenangan Satpol PP Kabupaten Bogor,” cetusnya.

Dikonfirmasi salah satu penanggung jawab vila tersebut, Joko mengaku semua persyaratan berdirinya vila lagi proses pengurusan.

Saat ini, lanjutnya, pihak pemilik vila masih dalam tahap memproses keperluan dasar.

“Tingkat kelurahan sudah selesai, tinggal naik ke tingkat kecamatan. Itu saja yang bisa saya konfirmasikan,” katanya saat dihubungi Radar Bogor, Senin (9/10/2023).

Iapun mengaku, bangunan vila tersebut bukan merupakan vila komersil untuk saat ini. Melainkan milik pribadi.

“Makanya kita membuat IMB ini mungkin suatu saat nanti beroprasi untuk bisnis. Jadi sekarang gak ada sewa menyewa,” tukasnya. (all)

Penulis: Arifal
Editor: Rany Puspitasari