25 radar bogor

Waspada, Gelombang Tsunami Raksasa Megathrust Akan Menghantam Wilayah Jawa

Gelombang tsunami
Gelombang tsunami

JAKARTA-RADAR BOGOR, Gelombang tsunami raksasa diprediksi akan menghantam sejumlah wilayah di Jawa efek dari gempa megathrust.

Baca Juga : Gempa Megathrust Berpotensi Terjadi di Pesisir Selatan, Tsunami 22 Meter

Hal itu disampaikan Kepala Badan Meteolorogi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati. Lalau kapan gelombang tsunami raksasa dampak dari gempa megathrust akan terjadi?

Megathrust adalah salah satu jenis sumber gempa bumi dengan mekanisme sesar naik dan ukurannya sangat besar yang terbentuk dari proses subduksi (tumbukan) antara dua lempeng tektonik dimana salah satunya menghujam ke bawah.

Dilansir melalui situs resmi BMKG, Dwikorita menyampaikan bahwa bencana gempa bumi dan tsunami adalah fenomena alam yang sulit diprediksi, namun saat ini BMKG Tengah melakukan upaya dalam peningkatan akurasi prediksi gempa dan tsunami.

“Gempa bumi dan tsunami, dua fenomena alam yang sulit diprediksi secara akurat. Saat ini, BMKG tengah melakukan upaya maksimal untuk meningkatkan tingkat akurasi prediksi gempa bumi hingga mencapai 90%,” kata Dwikorita, Senin (2/10/2023).

Dwikorita juga menekankan pentingnya persiapan terhadap gempa bumi dan tsunami. Literasi kebencanaan masyarakat harus ditingkatkan dan dilakukan secara berkelanjutan untuk meminimalkan risiko gempa bumi dan tsunami yang mengintai banyak wilayah pesisir di Indonesia.

Dia juga meminta agar Pemerintah Daerah di sepanjang selatan Jawa terus meningkatkan kesiagaan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana gempa bumi dan tsunami.

Langkah tersebut meliputi penyediaan, penambahan, hingga perbaikan jalur-jalur evakuasi. Menurut Dwikorita, hal itu merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk.

Hal itu disampaikan dalam kegiatan Sekolah Lapang Gempa Bumi dan Tsunami (SLG) di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Sabtu (30/9/2023).

Dwikorita mengungkapkan, Kabupaten Kebumen merupakan salah satu zona potensi gempa dan tsunami di Indonesia karena posisinya yang berhadapan langsung dengan zona megathrust selatan Jawa yang memiliki potensi magnitude maksimum M 8,7.

Sumber gempa megathrust ini berada di zona subduksi yang merupakan tumbukan antara Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia di dasar laut Samudra Hindia selatan Kebumen.

“Kabupaten Kebumen merupakan salah satu zona potensi gempa dan tsunami di Indonesia karena posisinya yang berhadapan langsung dengan zona megathrust selatan Jawa yang memiliki potensi magnitude maksimum M 8,7,” ujar Kepala BMKG.

“Sumber gempa megathrust ini berada di zona subduksi yang merupakan tumbukan antara Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia di dasar laut Samudra Hindia selatan Kebumen,” lanjut Dwikorita.

Baca Juga : Tenang, Tsunami Akibat Gempa Alaska Tak Berdampak ke Indonesia

Hasil Pemodelan Penjalaran Gelombang tsunami akibat gempa dengan skenario tersebut, diperkirakan mencapai 14-18 meter di Kabupaten Kebumen.

“Dengan waktu tiba di pesisir pantai sekitar 38-46 menit. Dampak guncangan akibat gempa tersebut diperkirakan mencapai VII-VIII MMI, yang berarti merupakan guncangan yang kuat hingga sangat kuat dan dapat mengakibatkan kerusakan sedang hingga berat,” pungkas Dwikorita. (jpg)

Editor : Yosep