25 radar bogor

Ikut Manasik Haji, Ribuan Peserta Didik RA Kota Bogor Berebut Cium Hajar Aswad

Manasik Haji
Peserta manasik haji berebut untuk mencium replika hajar aswad yang menempel di replika Ka'bah layaknya pelaksanaan ibadah haji yang sebenarnya. REKA/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Lebih dari 1000 peserta didik Raudhatul Athfal (RA) mengikuti kegiatan Manasik Haji yang digelar Pengurus Daerah Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kota Bogor di The Jungle, Kecamatan Bogor Seatan pada Rabu (27/9/2023).

Baca Juga : PD IGRA Gelar Manasik Haji, Diikuti Ribuan Pelajar Raudhatul Athfal

Para peserta tampak semangat dan sangat antusias mengkuti seluruh prosesi Manasik Haji yang dimulai dengan salat sunah mutlaq, miqot atau pembacaan niat haji, melewati terowongan Mina, melempar jumrah, wukuf mengelilingi Ka’bah, sai dari bukit Sofa ke Bukit Marwah, tahalul, hingga minum air zam-zam.

Beberapa peserta bahkan sempat berebut untuk mencium replika hajar aswad yang menempel di replika Ka’bah layaknya pelaksanaan ibadah haji yang sebenarnya.

Ketua Panitia Manasik Haji, Maemunah menjelaskan, kegiatan manasik haji dilakukan dengan tujuan mengimplementasikan pelajaran yang sudah didapat para peserta didik selama di sekolah.

“Di RA memang pendidikan agama lebih kental. Ada pembelajaran iqra, salat dhuha, belajar salat wajib, menghafal hadist, dan quran. Ibadah haji ini jadi salah satunya,” ujar dia

Dirinya berharap, manasik haji dapat membuat para peserta didik memiliki bekal mengenai ibadah haji. Terlebih pada usia dini menurutnya anak-anak memiliki saya ingat yang kuat sehingga bisa merekam segala hal yang dipelajari.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bogor, Iie Naseri mengapresiasi dan berterima kasih pada IGRA yang telah rutin menggelar manasik haji di Kota Bogor.

Menurutnya, usia dini menjadi momentum yang baik untuk memberikan pendidikan pada anak. Hal itu dapat membuat mereka mengertu substansi dari rukum Islam terutama Ibadah Haji.

Baca Juga : Kuota Bogor Terbanyak se-Indonesia, Fasilitas Khusus Manasik Haji Bakal Dibangun di Sentul

“Jika semenjak kecil sudah paham terkait manasik haji, mereka bisa mengingat apa yang sudah mereka pelajari. Ini menjadi bekal awal ibadah yang sebenarnya,” tuturnya.

Iie berharap manasik haji yang dilakukan juga dapat membuat para orang tua tergugah dan termotivasi untuk mengikuti Ibadah Umrah atau Haji. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep