25 radar bogor

Kuota Bogor Terbanyak se-Indonesia, Fasilitas Khusus Manasik Haji Bakal Dibangun di Sentul

Para calon jemaah haji asal Bogor mengikuti Bimbingan Manasik Haji di Masjid Baitul Faizin Cibinong, Sabtu (6/5/23). (Pemkab Bogor)

BOGOR-RADAR BOGOR, Kabupaten Bogor bakal memiliki fasilitas khusus manasik haji pada 2024 mendatang. Fasilitas itu untuk mewadahi para calon jemaah haji dari Kabupaten Bogor yang meningkat setiap tahunnya.

Hal itu diutarakan Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan saat membuka Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2023 di Masjid Baitul Faizin Cibinong, Sabtu (6/5).

Baca Juga: Kuota Jemaah Haji Bogor Naik Dua Kali Lipat, Segini Jumlahnya

Ia menegaskan ingin membangun fasilitas khusus manasik haji di Kabupaten Bogor pada tahun 2024 mendatang. Tujuannya, mengoptimalkan fasilitas pelayanan haji di Kabupaten Bogor.

“Kami ingin Kabupaten Bogor punya tempat khusus proses kegiatan manasik haji. Kami ingin lebih fokus dan masyarakat juga bisa memakai fasilitas yang akan kami bangun di 2024 di wilayah Sentul,” bebernya.

Iwan sekaligus meminta kepada seluruh peserta manasik haji untuk memanfaatkan manasik bersama para pembimbing haji dengan baik. Itu agar nantinya para jemaah dapat menunaikan ibadah haji dengan baik, lancar, dan sesuai ketentuan syariah.

“Selamat kepada para calon jemaah haji Kabupaten Bogor tahun 1444 H yang mendapatkan kesempatan untuk berangkat ke tanah suci tahun ini. Persiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin,” pesan Iwan.

Penyelenggaraan ibadah haji pada tahun ini sudah kembali normal, setelah dua tahun terkendala Covid-19. Sebeluumnya juga ada pembatasan kuota dan usia. Hal itu menyebabkan beberapa jemaah haji harus tertunda keberangkatannya.

Baca Juga: Daftar Jemaah yang Berhak Lunasi Biaya Haji 2023, Cek di Sini Linknya

Tahun ini, kuota jemaah haji asal Kabupaten Bogor yang diberangkatkan sebanyak 3.530 jemaah, yang terbesar se-Indonesia tingkat Kabupaten/Kota.(*/mam)

Editor: Imam Rahmanto