25 radar bogor

Hari Terakhir PKKMB Unida, Mahasiswa Baru Ikuti Majelis Dhuha, Taaruf Fakultas, dan Expo UKM

Pelaksanaan hari ketiga PKKMB Unida, beberapa waktu lalu. IST

BOGOR-RADAR BOGOR, Mengawali rangkaian terakhir pelaksanaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Djuanda (Unida) hari ketiga, Rabu (13/09/2023), para mahasiswa baru terlebih dahulu mengikuti kegiatan ketauhidan, Majelis Dhuha.

Majelis Dhuha merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pada setiap bulannya oleh Unida melalui Badan Pengkajian dan Penerapan Tauhid (BPPT) Unida. Adapun rangkaian kegiatan Majelis Dhuha diisi dengan shalat dhuha bersama, ratibul haddad, dzikir dan ditutup oleh tausiyah.

Setelah mengikuti kegiatan Majelis Dhuha, pada kegiatan PKKMB 2023 hari ketiga ini para mahasiswa baru kemudian melaksanakan taaruf di masing-masing fakultas dan program studi. Rangkaian hari terakhir pelaksanaan kegiatan PKKMB Unida juga diwarnai dengan pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

M. Rendi Ramdhani, M.Pd selaku Ketua Panitia PKKMB 2023 menuturkan, dalam kesempatan ini UKM mengenalkan organisasi beserta dengan berbagai macam kegiatannya. Diharapkan, para mahasiswa baru akan lebih memahami dan mulai menentukan arah tujuan untuk dapat mewadahi minat serta bakat yang dimilikinya.

Baca juga: Hari Pertama PKKMB, Unida Dorong Mahasiswa Tanamkan 21 Nilai Karakter Kampus Bertauhid

Seperti diketahui bahwasanya UKM yang terdaftar di lingkungan Unida, antara lain Pelukis Cahaya, KSR, Pramuka, Lingkar Studi Pers, PERSADA, LDK Mukhlis, PERBADA, IVODA, MAPALA, MENWA, Paduan Suara Gisanada, serta Unida Ambassador. 

Alhamdulillah, memasuki hari terakhir ini para mahasiswa baru dikenalkan dengan UKM. Semoga dengan ini para mahasiswa baru dapat lebih mengenal UKM di lingkungan Unida, kemudian dapat menyalurkan minat dan bakatnya tersebut melalui berbagai macam kegiatan yang positif. Lebih dari itu, dapat juga mewadahi mahasiswa untuk bisa berprestasi nantinya,” tutur M. Rendi Ramdhani, M.Pd.

Rangkaian pelaksanaan kegiatan PKKMB Unida yang dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 11-13 September 2023 ini resmi ditutup oleh Rektor Unida Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D.

Dalam penutupnya, Rektor Unida Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D menyampaikan bahwa apa yang telah dilalui mahasiswa baru selama 3 hari ini merupakan titik awal mulai melatih diri untuk meniti karir masa depan.

Oleh karena itu, Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D berharap melalui pelaksanaan kegiatan PKKMB mahasiswa baru dapat lebih siap melangkah dengan tujuan yang jelas dan pasti. Siap belajar menjadi seorang mahasiswa yang bisa meneladani sifat dan sikap Ir. Djuanda Kartawidjaja.

“Kita duduk di sini harus kita pahami bahwa kita ingin menggenggam dunia dan meraih akhirat. Artinya, memang butuh perjuangan yang jangan pernah kita lelah. Kalian punya kapabilitas untuk maju tanpa mengenal lelah, ini termasuk dalam 21 Nilai Karakter Tauhid, yaitu Adversity. Jadilah Djuanda Reborn, Djuanda yang terlahir kembali,” ujarnya.

Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D juga berpesan kepada para mahasiswa baru agar dapat memahami dan menginternalisasikan 21 Nilai Karakter Tauhid sebagai bagian dari adab kehidupan Kampus Bertauhid yang harus diimplementasikan.

“Selamat datang dan bergabung di Universitas Djuanda yang kita cintai ini, saya sudah sampaikan apa misi kita untuk mencapai unggul, sama-sama mari kita berjuang. Selamat belajar tanpa lelah, berikan yang terbaik untuk mendapat ridho dan pahala dari Allah SWT,” pungkas Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D. (pem)