25 radar bogor

Tandai Dimulainya Masa Perkuliahan, UNB Kenalkan Kampus Lewat PKKMB

Universitas Nusa Bangsa (UNB) menggelar acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKM.(ist)

BOGOR-RADAR BOGOR, Universitas Nusa Bangsa (UNB) menggelar acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang berlangsung pada 16-17 September. Ini sekaligus sebagai penanda akan dimulainya masa perkuliahan Tahun Akademik 2023-2024.

Rektor Universitas Nusa Bangsa, Yunus Arifien mengatakan, PKKMB di UNB ini sudah mengacu kepada pedoman dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi tahun 2023. Tujuannya adalah menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri.

Baca Juga: Unhan Siapkan Teknologi Menghadapi Ancaman Krisis Air

Kemudian, mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru, dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Yunus menambahkan, PKKMB dapat dijadikan titik tolak pembinaan idealisme, penguatan rasa cinta tanah air, dan kepedulian terhadap lingkungan.

“Kegiatan PKKMB untuk menciptakan generasi yang berkarakter, religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan berintegritas,” kata Yunus Arifien.

Pada kesempatan tersebut, ia sekaligus berpesan kepada seluruh mahasiswa baru agar semangat belajar, berkreasi, dan berinovasi. Mulai dari bidang keilmuannya maupun aktivitas kemahasiswaan di lingkungan kampus.

Untuk diketahui, Universitas Nusa Bangsa menerima mahasiswa dari beberapa jalur penerimaan, yaitu jalur reguler, Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan prestasi.

Fakultas yang dituju adalah Fakultas Pertanian dengan Program Studi (Prodi) Agroteknologi dan Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan Prodi Akuntansi dan Manajemen, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (MIPA) dengan Prodi Biologi dan Kimia, dan Fakultas Kehutanan dengan Prodi Kehutanan.

Rangkaian materi PKKMB UNB mengenai Kehidupan berbangsa, bernegara, dan pembinaan kesadaran bela negara. Selanjutnya, materi Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia; Perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0;

Selain itu, materi pengembangan karakter mahasiswa agar mempunyai sikap sebagai intelektual, antikekerasan seksual, antiperundungan, antinarkoba, antikorupsi, dan kampus sehat.

Baca Juga: Bantu Warga Pulau Pari Berdaya, UNB Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Pada hari kedua, acara diisi dengan senam pagi bersama, motivasi di dunia perguruan tinggi, pengenalan organisasi kemahasiswaan, yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa setiap fakultas, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seperti MAPAR, IKLIM, PMK, dan MENWA, serta ditutup dengan kegiatan bakti sosial.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto