25 radar bogor

Bantu Warga Pulau Pari Berdaya, UNB Gelar Pelatihan Kewirausahaan

BOGOR-RADAR BOGOR, Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nusa Bangsa (UNB) menggelar pelatihan kewirausahaan di Pulau Pari, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Pelatihan diberikan kepada para pelaku UMKM setempat yang berusaha di bidang penyewaan rumah tinggal (homestay), pengolahan ikan, hingga produksi kuliner oleh-oleh khas Pulau Pari.

Baca Juga: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNB Berikan Pelatihan Kewirausahaan Pelaku UMKM di Pulau Pari

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, Isbandriyati Mutmainah menerangkan kegiatan pelatihan yang diberikan meliputi penguatan di bidang Sumber Daya Manusia (SDM), pemasaran, keuanga, kelembagaan, serta motivasi untuk berwirausaha.

“Pulau Pari memiliki potensi wisata laut yang menarik seperti snorkling, diving, dan wisata pantai lainnya. Namun sebagian besar pelaku usaha di pulau ini memiliki keterbatasan terkait dengan kapasitas wirausaha. Hal ini membuat mereka menjalankan usahanya hanya berdasarkan trial and error,” terang dia.

Oleh karena itu, menurutnya, pelatihan tersebut penting dilakukan untuk membangun kapabilitas para pelaku UMKM. Kemampuan itu dilihatnya dapat memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Kegiatan pengabdian masyarakat diawali dengan pemberian motivasi untuk berwirausaha. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian pelatihan mengenai pengelolaan sumberdaya manusia. Pelatihan ditutup dengan pembelajara. pembuatan laporan keuangan sederhana,” tuturnya.

Baca Juga: Mahasiswa UNB Bakal Diterjunkan Mengabdi di Perkampungan Tegallega

Dirinya berharap kegiatan tersebut bisa bermanfaat bagi pelaku UMKM di Pulau Pari. Selain itu ia juga ingin kegiatan serupa dengan tema berbeda dapat terus dilaksanakan di kemudian hari.

Dalam menjalankan program ini, Isbandriyati tak sendirian. Ia ditemani 9 dosen lain 3 mahasiswa. Kegiatan pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan melalui pendanaan mandiri dari dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNB.(*/rls)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto