25 radar bogor

Bansos PKH Cair September 2023, Berikut Cara Mengecek Status Penerimanya

Ilustrasi bansos PKH
Ilustrasi penyaluran bansos PKH

JAKARTA-RADAR BOGOR, Bansos PKH (Program Keluarga Harapan) cair September 2023. Cara mengecek penerimanya hanya menggunakan hp lewat situs web cekbansos.kemensos.go.id.

Baca Juga : Ada BLT Kemiskinan Ekstrem Buat Masyarakat Kurang Mampu, Cair Bulan Ini

Pemerintah menyalurkan bansos PKH pada bulan Juli, Agustus, dan September 2023. Bansos PKH tahap 3 akan disalurkan secara serentak di beberapa wilayah yang aksesnya sulit dijangkau.

Meski begitu kalian harus tahu bahwa ada perubahan penting yang yang akan berdampak pada cara penyaluran bantuan.

Pemerintah tidak akan memberlakukan lagi sistem e-warong untuk menyalurkan bansos PKH. Cara tersebut akan digantikan dalam bentuk uang tunai via Bank Himbara.

Kemudian uang tersebut bisa penerima manfaat ambil lewat mesin ATM dengan menggunakan rekening mereka masing-masing.

Pemerintah melakukan perubahan ini dengan mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2017 yang mengizinkan penarikan tunai atau barang dalam penyaluran bantuan sosial.

Selain itu perubahan ini sebagai bentuk respons terhadap penyimpangan yang terjadi selama penyaluran BPNT.

Bukan hanya soal bantuan finansial saja tetapi Program PKH bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan lebih merata.

Meski begitu harus dipahami terlebih dahulu, bahwasannya hanya keluarga yang sudah memenuhi syarat yang berhak menerima bantuan ini, salah satunya sudah terdaftar dalam database Dinas Sosial.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pengecekan apakah Anda terdaftar sebagai penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) pada September 2023:

  1. Silakan buka situs web resmi Kementerian Sosial atau kunjungi cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Setelah masuk ke laman tersebut, Anda perlu memasukkan informasi tentang wilayah tempat tinggal Anda.
  3. Selanjutnya, silakan masukkan nama Penerima Manfaat sesuai dengan data yang tercantum pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) Anda.
  4. Untuk melanjutkan, Anda diharapkan untuk mengetikkan kode keamanan yang ditampilkan di layar.
  5. Klik tombol “CARI DATA” dan harap tunggu sejenak.
  6. Setelah proses pencarian selesai, hasilnya akan menampilkan nama Anda serta status Anda sebagai penerima bantuan.

Bagi kamu yang telah memenuhi syarat namun belum menerima informasi mengenai pencairan bantuan pada bulan Juli atau Agustus, perlu dicatat bahwa kemungkinan bantuan tersebut akan tersedia pada bulan September.

Harap diperhatikan bahwa pengecekan ini dilakukan secara profesional dan bertujuan untuk memastikan bahwa Anda memenuhi syarat sebagai penerima bansos PKH.

Baca Juga : Anggaran BLT Dicoret, DPRD Bogor Berikan Catatan pada APBD Perubahan 2023

Mohon untuk mengikuti langkah-langkah dengan seksama dan memastikan bahwa data yang dimasukkan benar dan sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk Anda.

Kami berharap Anda dapat memanfaatkan informasi ini dengan baik dan dapat menerima bantuan yang telah Anda layangkan. (net/dis)

Editor : Yosep