25 radar bogor

Antisipasi Dampak Kekeringan Pada Sektor Peternakan, Ini Langkah Pemkab Bogor

Antisipasi Dampak Kekeringan Pada Sektor Peternakan

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi dampak kekeringan pada sektor peternakan dan perikanan.

Baca Juga: Boling di Parung Panjang, Bupati Iwan Setiawan Minta Warga Tak Panik Hadapi Kekeringan

Upaya yang dilakukan demi menjaga keberlangsungan usaha peternakan dan perikanan yang dilakukan oleh masyarakat, serta mengurangi kerugian yang lebih besar akibat dampak dari kekeringan.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor, Nurhayati memberikan keterangannya saat diwawancarai Tim Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Bogor, Rabu (13/9/2023).

Pada sektor peternakan, Nurhayati menjelaskan, penyediaan air dan Hijauan Pakan Ternak (HPT) adalah masalah yang dihadapi peternak, beberapa solusi dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut diantaranya dengan pemanfaatan limbah sayuran sisa pasar. Pemkab Bogor membantu pengembangan unit usaha pengolahan limbah pasar sebagai pakan ternak.

“Mengantisipasi ketersediaan hijauan pakan saat musim kemarau dengan pengolahan dan pengawetan melalui pembuatan silase dan hay atau pengeringan. Melakukan pengembangan Bank Pakan serta memberikan bimbingan teknis pengelolaan pakan kepada petani milenial komoditas kambing, domba, sapi dan HPT,” jelas Nurhayati.

Selanjutnya kata Nurhayati, memfasilitasi peminjaman lahan antara pemilik lahan dengan peternak, karena kurangnya kepemilikan lahan yang dapat dikelola sebagai lahan HPT oleh peternak, serta mendorong peternak mengolah lahan sebagai lahan penanaman HPT dan pemberian bibit hijauan pakan ternak berkualitas.

“Pemkab Bogor juga meningkatkan akses peternak dengan bahan pakan lokal, karena sebagai daerah penghasil beras, Kabupaten Bogor memiliki peluang sebagai daerah penyedia dedak padi,” katanya.

Ia menambahkan, terdapat juga masalah berkurangnya debit air sebagai sarana untuk memandikan ternak dan sumber air minum.

Penyediaan air sangat dibutuhkan dalam budidaya sapi perah, karena proses pemerahan mengharuskan peternak untuk memandikan ternaknya 2 kali sehari dan peternak juga wajib menjaga kebersihan kandangnya untuk dapat meningkatkan kualitas susu yang dihasilkan.

“Karena itu, peternak berusaha menyediakan air bersih dengan mencari sumber mata air lain atau membelinya. Alhamdulillah di kawasan sentra sapi perah yakni di Cisarua, Pamijahan, dan Cijeruk masih ada turun hujan dan masih mudah mencari pakan ternak. Secara umum, sampai saat ini belum terdapat dampak serius musim kemarau di Kabupaten Bogor. Penurunan produksi susu hanya terjadi sebesar 3% dari produksi susu harian peternak,” tambah Nurhayati.

Berikutnya untuk sektor perikanan, Nurhayati mengungkapkan, mengacu informasi BMKG fenomena El Nino ini diprediksi terjadi hingga akhir tahun 2023.

Dalam menghadapi musim kekeringan yang berdampak pada sektor perikanan, berbagai upaya antisipasi pun disiapkan diantaranya, memindahkan induk ikan yang berkualitas ke lokasi yang tidak mengalami kekeringan ekstrim.

“Peralihan dari kegiatan pembesaran ikan ke pembenihan ikan, karena membutuhkan air yang lebih sedikit. Selain itu ketika musim hujan tiba, permintaan benih ikan akan meningkat sehingga kegiatan pembenihan pada musim kemarau dapat dimanfaatkan dengan baik,” ungkapnya.

Nurhayanti melanjutkan, kemudian pengurangan pada tebar ikan, serta memilih jenis ikan yang tahan terhadap kondisi air yang kurang optimal, seperti ikan lele dan ikan nila. Jenis ikan ini dapat bertahan hidup di air yang memiliki kadar oksigen rendah, suhu tinggi, dan salinitas tinggi.

“Mempercepat panen ikan untuk meminimalisir kerugian, penggunaan multivitamin dan probiotik pada sistem budidaya untuk meningkatkan kekebalan terhadap potensi serangan penyakit ikan dan melakukan sosialisasi sistem budidaya perikanan hemat air, salah satunya inovasi dari penyuluh perikanan swadaya di Kecamatan Kemang dengan sistem Super Six Intensive Urban Aquaculture,” terangnya.

Ia menuturkan, penanganan dampak kekeringan pada sektor perikanan dan peternakan tentunya dilakukan dengan sinergi dan kolaborasi jajaran perangkat daerah dan stakeholder terkait.

Salah satunya dukungan lintas sektoral untuk perbaikan saluran-saluran irigasi ke lokasi sentra atau kawasan budidaya ikan, sehingga produksi perikanan tetap terjaga.

Baca Juga: KPK Telusuri Aliran Uang Korupsi Sistem Proteksi TKI di Kemenaker

“Dinas Perikanan dan Peternakan akan terus berupaya meningkatkan produksi budidaya perikanan baik ikan hias, ikan konsumsi, maupun pembenihan, agar tercapainya kesejahteraan masyarakat perikanan Kabupaten Bogor,” tuturnya.

Nurhayati berharap, semoga Allah berikan keberkahan untuk Kabupaten Bogor, musim kemarau ini segera berakhir, dan diberikan hujan yang bermanfaat untuk keberlangsungan kehidupan kita semua. (*)

Editor : Yosep