25 radar bogor

Timnas Indonesia Menang Berkat Kecerdikan Shin Tae-yong Maksimalkan Pemain

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia

SURABAYA-RADAR BOGOR, Hasil gemilang diraih Timnas Indonesia dalam laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo. Jumat (8/9/2023) malam. Pasukan Shin Tae-yong sukses mengalahkan Turkmenistan 2-0.

Baca Juga : Pembelian Tiket Piala Dunia U-17 Dibuka, Buruan Jumlahnya Terbatas

Kedua gol timnas Garuda diciptakan oleh Dendy Sulistyawan di menit 19 dan ditutup oleh Egy Maulana Fikri melalui sepakan kaki kirinya di penghujung laga.

Dalam laga persahabatan tersebut, Timnas Indonesia bermain tanpa diperkuat pemain Persebaya yang notabene berkandang di stadion tersebut.

Pelatih Shin Tae-yong lebih memilih pemain-pemain yang sering dipanggil timnas Indonesia seperti Nadeo Argawinata, Stefano Lilipaly, dan Egy Maulana Fikri.

Pilihannya kali ini cukup tepat. Seusai laga, Pelatih Shin Tae-yong mengatakan bahwa ia beberapa kali mengganti formasi di duel tersebut.

Dilansir dari laman PSSI, saat babak pertama, ia menggunakan formasi 3-5-2 dengan tiga pemain bertahan di belakang, kemudian pada babak kedua menggunakan formasi 4-5-1 untuk lebih fokus menyerang.

Namun pada menit terakhir, mantan pelatih timnas Korea Selatan itu menggunakan formasi 3-4-3 dan semua pemain mengikuti instruksinya dengan baik.

“Dari hasil itu kami akhirnya menang. Ada beberapa pemain inti yang harus berada di U-23, jadi pemain saat ini belum lengkap. Saya apresiasi kepada pemain yang telah bermain baik dan mampu meraih kemenangan malam ini, ” ujar Shin Tae-yong.

Selain itu, pelatih yang pernah membawa Korea Selatan mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2018 tersebut juga mengapresiasi penjaga gawang Nadeo Argawinata yang cukup banyak melakukan penyelamatan meskipun masih ada beberapa kesalahan yang dilakukan.

“Nadeo bermain bagus, dia cukup banyak melakukan penyelamatan, meskipun melakukan beberapa kesalahan tapi hal itu ditutup dengan penyelamatan yang bagus,” kata Shin Tae-yong.

Baca Juga : Demi Tiket Piala Dunia 2026, Ini Jalan Panjang yang Harus Dilalui Timnas Indonesia

Meskipun memberi apresiasi, Shin Tae-yong juga tidak segan-segan untuk mencoret dari Timnas Indonesia jika pemain yang sempat tampil bagus justru mengalami penurunan performa kedepannya.

“Semua pemain yang kami panggil, merupakan pemain yang bermain bagus di klub asalnya, termasuk Nadeo dan Egy, namun jika ada yang bermain tidak baik di klubnya saya tidak akan panggil lagi,” tukasnya. (jpg)

Editor : Yosep