25 radar bogor

SD dan SMP IT BBS Kedatangan Tamu Istimewa dari Jepang, Siapa?

SD dan SMP IT BBS

BOGOR-RADAR BOGOR, SD dan SMP IT BBS kedatangan tamu istimewa, yaitu Prof. Shihoko Suzuki dan Ayaka Iida, Ph.D dari Universitas Kanagawa Jepang, Kamis (24/8/2023).

Baca Juga ; Menguatkan Entrepreneurship, Siswa SMP IT BBS Berguru pada Ahlinya

Keduanya merupakan ahli Gizi dan Nutrisi Olahraga yang akan melakukan riset mengenai kebugaran para siswa di SD dan SMP IT BBS. Kedatangan mereka didampingi oleh Reisi Nurdiani SP., M.Si dari Fakultas Ekologi Manusia IPB University.

Riset tentang kebugaran ini merupakan Kerjasama Universitas Kanagawa dan IPB. Acara diawali dengan perkenalan dengan pihak sekolah SD dan SMP IT BBS.

Hadir dari SD IT BBS, Kepala Sekolah Nawawi, Waka Kurikulum Santi Amelia dan Guru PJOK Abdul Kadir sementara dari SMP, Kepala SMP IT BBS Syabar Suwardiman, Waka Kurikulum Chaerul Tingkar dan Guru PJOK, Feri Riyanto.

Setelah acara perkenalan kemudian melakukan observasi fasilitas olah raga yang dimiliki BBS, simulasi pengukuran kebugaran siswa dan diakhiri dengan diskusi hasil dari pengukuran. Rencananya untuk keseluruhan kegiatan riset akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2023.

Ada yang menarik, pemerintah Jepang dalam hal ini Kementerian Pendidikan Jepang, memiliki data yang lengkap tentang kebugaran siswa sekolah di Jepang. Ini tentunya memudahkan dalam mengontrol kebugaran para siswa Jepang.

Para guru Indonesia juga memiliki parameter untuk mengukur kebugaran, hanya belum menjadi data yang akurat dan menyeluruh secara nasional. Tentunya ini menjadi bahan, khususnya bagi pihak sekolah SD dan SMP IT BBS, untuk dijadikan sebagai laporan kepada orang tua.

Prof. Shihoko Suzuki sangat mengapresiasi dengan fasilitas olah raga yang dimiliki BBS, dan pada kesempatan kunjungan tersebut, Prof. Shihoko mendapatkan sambutan siswa SD IT BBS yang secara bergantian mencium tangan sebagai rasa hormat, padahal bagi orang Jepang rasa hormat cukup dengan membungkukkan badan saja.

Reisi dari IPB menyampaikan, untuk riset selanjutnya akan dilaksanakan di bulan Oktober karena harus mengurus semua perizinan yang berlaku di Indonesia.

Baca Juga : SMPIT BBS Perkuat Kerja Sama dengan Orang Tua, Tingkatkan Potensi Anak

Sementara Syabar Suwardiman Kepala SMP IT BBS ketika dikonfirmasi Radar Bogor menyatakan gembira dan ada bahan baru untuk dijadikan tambahan dalam laporan kepada orang tua. Yaitu tentang kebugaran siswa.

“Ini akan membantu orang tua untuk turut serta dalam menjaga kebugaran anak-anaknya. Jadi tidak hanya nilai kuantitatif, tetapi riil hasil pengukuran dengan parameter yang berlaku,” tuturnya. (*)

Editor : Yosep