25 radar bogor

Fenomena Super Blue Moon Bakal Muncul Akhir Agustus, Catat Tanggalnya

BOGOR-RADAR BOGOR, Fenomena langit Super Blue Moon bakal muncul pada 30 Agustus 2023.

Super Blue Moon atau biasa dikenal sebagai bulan biru merupakan fenomena bulan purnama super kedua yang akan terjadi pada Agustus ini. Sebelumnya, fenomena Sturgeon Supermoon muncul lebih dulu pada 1 Agustus 2023.

Baca Juga: 1 Agustus Ada Fenomena Full Moon, BMKG Keluarkan Peringatan Dini

Dikutip dari NASA, Super Blue Moon akan menjadi bulan terbesar dan paling terang sepanjang 2023 ini. Bulan ini akan terbit pada malam 30 Agustus waktu Amerika Serikat dan dapat dilihat di arah timur setelah matahari terbenam.

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menjelaskan fase bulan ini bukan sekadar bulan purnama biasa, tapi juga memiliki pancaran warna biru.

Bulan biru ini juga merupakan Supermoon, yang berarti bertepatan dengan perigee atau titik di orbit bulan yang paling dekat dengan bumi. Saat fenomena ini terjadi, maka jarak antara bulan ke bumi berada sekitar 357.344 kilometer.

Bagi pengamat di bumi, bulan akan tampak sedikit lebih besar dari biasanya, sekitar 7 persen lebih besar. Peristiwa langka ini dapat dilihat dengan mata telanjang tanpa alat bantu apapun.

Super Blue Moon pada akhir Agustus 2023 akan terasa istimewa karena diprediksi NASA bersamaan dengan terlihatnya saturnus dari bumi. Planet gas raksasa bercincin itersebut akan melewati masa oposisi beberapa hari lagi.

Bulan biru ini relatif sering terjadi, secara astronomis terjadi setiap dua hingga tiga tahun sekali.

Baca Juga: Ada Dua Full Moon di Bulan Agustus 2023, Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang

Bulan biru terakhir terjadi pada Agustus 2021 silam, dan diperkirakan dapat dilihat lagi pada Agustus 2024 mendatang.

Di wilayah Indonesia, menurut laman resmi BRIN, masyarakat Indonesia yang penasaran akan fenomena Super Blue Moon dapat menyaksikan pada Kamis (31/8) pukul 20.35 WIB.(*/jpg)

Editor: Imam Rahmanto