25 radar bogor

1 Agustus Ada Fenomena Full Moon, BMKG Keluarkan Peringatan Dini

Super Sturgeon Moon, Fenomena Supermoon yang Akan Muncul 1 Agustus 2023.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Akan terjadi fenomena full moon pada 1 Agustus 2023. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun mengeluarkan dini potensi banjir Rob.

Baca Juga ; BMKG Peringatkan Pergerakan Siklon Tropis Doksuri, 9 Wilayah Ini Harus Lebih Hati-Hati

Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo dalam keterangan resminya menjelaskan, banjir rob disebabkan oleh adanya fenomena fase full moon pada 1 Agustus 2023.

Momen tersebut bersamaan dengan Perigee (Jarak terdekat bulan ke bumi) pada 2 Agustus 2023 yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia, di antaranya Pesisir Sumatera Barat, Pesisir Kepulauan Riau, Pesisir Banten, Pesisir utara DKI Jakarta, Pesisir Jawa Barat, Pesisir Jawa Timur, Pesisir Bali, Pesisir Kalimantan Barat, Pesisir Maluku, Pesisir Papua Selatan.

“Potensi banjir pesisir (rob) ini berbeda waktu (hari dan jam) di tiap wilayah (terlampir), yang secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat,” ujarnya, Minggu (30/7/2023).

Baca Juga : Potensi Gelombang Tinggi 6 Meter di Daerah Pesisir, BMKG: Mohon Waspada!

Eko mengatakan, masyarakat diimbau selalu waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut imbas dari fenomena full moon serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG.

Data yang dihimpun, lokasi dan potensi Rab di Banten berpeluang terjadi di pesisir utara Banten 31 Juli – 2 Agustus 2023, pesisir barat Banten 31 Juli – 5 Agustus 2023, pesisir selatan Banten 30 Juli – 6 Agustus 2023. (net/dis)