25 radar bogor

Bantuan Air Bersih Belum Merata, BPBD: Mekanismenya dari Permohonan

Pemkab Bogor memang tak tinggal diam, upaya penangan terus diupayakan mulai dari jangka pendek suplai air bersih hingga pembangunan sumur bor di tiap perkampungan, sialnya pembangunan sumur bor tersebut seakan tak tepat bangun karena debit air yang dihasilkan juga tak mampu memenuhi kebutuhan warga.

JONGGOL-RADAR BOGOR, Belum semua warga terdampak kekeringan di Desa Weninggalih, Kecamatan Jonggol mendapatkan bantuan air bersih. Sementara warga terpaksa mencari air di kubangan sawah ataupun membeli persediaan air.

Salah satu warga, Atun mengakui, dirinya dan warga lain di kampung Rawa Bogo mengambil air di kubangan yang ada di tengah sawah. Jika tak ada air di sawah, mereka harus membeli air.

Baca Juga: Desa Wening Galih Langganan Krisis Air, Kawasan Puncak Menyusul

Pasalnya, ia dan warga lainnya belum mendapatkan bantuan air bersih dari pemerintah daerah.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor, Agus Suyatna tak menampik jika masih ada warga terdampak kekeringan di yang belum menerima bantuan air bersih. Lantaran BPBD Kabupaten Bogor mengirim bantuan air setelah adanya permintaan.

“Bisa jadi (belum dapat bantuan air bersih), makanya kami minta permohonan dari desa. Karena mekanismenya permohonan,” katanya, Minggu (13/8).

Meski begitu, hingga kini sudah ada 425 ribu liter air bersih yang disalurkan kepada masyarakat.

“Total warga yang menerima bantuan air bersih sudah 49.555 warga,” ringkasnya. (*)

Reporter: Arif Al Fajar
Editor: Imam Rahmanto