25 radar bogor

Lomba Karya Tulis Ilmiah Jabar, Bappedalitbang Bogor Sabet Juara Dua

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dalam hal ini Bappedalitbang berhasil sabet juara dua Lomba Karya Tulis Ilmiah dalam ajang Lomba Karya Ilmiah Jabar Juara 2023 yang bertemakan Inovasi dan Kolaborasi.

Melalui karya tulisnya mengenai Faktor Ambidexterity Inovasi di Instansi Pemerintah. Penetapan juara diumumkan pada Kamis, 6 Juli 2023.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca: Sore Berpotensi Hujan di Bogor

Sebagaimana diketahui, Ambidexterity adalah konsep manajemen yang menyeimbangkan antara Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di dalam instansi pemerintah dan eksplorasi inovasi untuk perbaikan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik.

Setelah sebelumnya dinyatakan lolos dalam tiga besar, Bappedalitbang Kabupaten Bogor dalam hal ini Kepala Bidang Litbang Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Riny Kusumawati berhasil meraih juara dua bersama Shinta Nasution dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Jabar Juara 2023 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Kepala Bidang Litbang Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Riny Kusumawati mengungkapkan, bahwa karya tulis ilmiah yang ia dilombakan berjudul “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ambidexterity Inovasi di Instansi Pemerintah untuk Meningkatkan Kinerja Instansi”. Pemilihan judul ini dibuat dengan menyelaraskan dengan tema ke-5 yaitu “Tata Kelola Pemerintahan yang Bersih dan Berkualitas”.

Lebih lanjut, Riny menyatakan, dirinya sangat bersyukur karya yang diciptakan mampu menorehkan prestasi membanggakan untuk Pemerintah Kabupaten Bogor.

Ia berharap, itu menjadi masukan dan berdampak positif bagi Pemerintah Jawa Barat dan Kabupaten Bogor, khususnya mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi ambidexterity inovasi pada instansi pemerintah. Agar institusi pemerintah dapat meningkatkan kinerjanya dalam tata kelola pemerintah dan dalam melayani masyarakat dengan mengelola proses inovasi secara efektif

“Syukur alhamdulilah karya ilmiah kami bisa meraih juara dua dalam lomba karya tulis ilmiah jabar juara tahun ini. Mudah-mudahan ini bisa memotivasi kita semua untuk bersama-sama meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat dengan mengelola proses inovasi secara efektif,” ungkap Riny.

Riny pun berharap prestasi yang ia raih melalui Lomba Karya Ilmiah Jabar Juara 2023 dapat menginspirasi dan memotivasi bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk dapat mengabdikan diri melalui berbagai karya yang dapat dikontribusikan.

Dilansir dari situs resmi BP2D Jawa Barat, lomba karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk meninjau capaian, keberhasilan, dan masukan terkait program yang sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, sehingga diharapkan dapat menghasilkan tulisan ilmiah terkait program-program sesuai tema yang ditetapkan.

Baca Juga: Pemkab Bogor-DPRD Setujui Raperda Penyelenggaraan KLA Jadi Perda

Adapun tema besar dalam lomba ini yakni Refleksi Inovasi dan Kolaborasi, dengan lima sub tema antara lain Membentuk Manusia Pancasila dan Berbudaya, Meningkatkan Kesejahteraan dan Kualitas Hidup Masyarakat, Pembangunan Infrastruktur yang Merata dan Berkelanjutan, Ekonomi Berkelanjutan dan Berkeadilan, serta Tata Kelola Pemerintahan yang Bersih dan Berkualitas.

Pemenang ditentukan setelah melalui tahapan pengumpulan 540 abstraksi kemudian disaring menjadi 296 full paper dan akhirnya tahapan presentasi dan wawancara yang diikuti oleh 15 finalis. Dewan juri kemudian memutuskan pemenang berdasarkan hasil penilaian tahapan tersebut. (*/adv)

Editor: Imam Rahmanto