25 radar bogor

Diduga Beri Dukungan ke Prabowo, PDIP Bakal Panggil Effendi Simbolon

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR Utut Adianto (kanan) bersama anggota Fraksi PDI-P Effendi Simbolon.(HENDRA EKA/JAWA POS)

BOGOR-RADAR BOGOR, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, DPP Bidang Kehormatan akan segera memanggil anggotanya Effendi Simbolon untuk diklarifikasi terkait pernyataan di acara keluarga besar Simbolon, yang mendukung Prabowo Subianto.

Hasto menegaskan, semua kader PDIP harus satu arah mendukung bakal calon presiden (capres) dari PDIP yakni Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Jokowi Pilih Prabowo, PDIP: Itu Tidak Benar!

“Seluruh kader PDI Perjuangan, setelah 21 April ketika keputusan sudah diambil oleh Ketua Umum Partai Ibu Megawati Soekarnoputri, semua harus satu arah, mendukung Pak Ganjar Pranowo,” kata Hasto di Rumah Aspirasi Relawan, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Sabtu (8/7).

Hasto menekankan, kedispilinan partai adalah hal yang mutlak. Sehingga, jika ada kader yang tak sesuai arah partai maka akan berhadapan dengan bidang kehormatan partai.

“Bagi yang tidak memberikan dukungan, Dewan Kehormatan langsung secara otomatik, secara sistemik menjalankan tugasnya sehingga kedisiplinan partai ini sesuatu yang sifatnya mutlak. Karena PDI Perjuangan adalah partai ideologi berdasarkan Pancasila dan keputusan sudah diambil sehingga seluruhnya wajib,” tegasnya.

Karena itu, politikus asal Jogjakarta tersebut memastikan, Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan Komarudin Watubun akan mengklarifikasi Effendi Simbolon terkait pernyataannya dalam Rakernas Marga Simbolon di Hotel Aryaduta, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/7).

“Karena itulah Pak Komarudin Watubun selaku Ketua DPP Bidang Kehormatan juga akan melakukan klarifikasi, karena kami ini kan Partai Demokrasi Indonesia sehingga semuanya akan dilakukan klarifikasi partai agar disiplin partai ditegakkan,” ucap Hasto.

Baca Juga: Gerindra Targetkan 70 Persen Suara Prabowo di NTB, Pada Pemilu 2024 Mendatang

Proses klarifikasi itu akan dilakukan secepatnya. Sementara soal apakah Effendi akan menjadi kader partai lain, Hasto menyerahkan proses klarifikasi tersebut.

“Nanti kan yang penting kita lakukan klarifikasi terlebih dahulu nanti Badan Kehormatan sesuai dengan AD/ART partai akan memgusulkan pengambilan keputusan dari DPP partai,” pungkasnya.(*/jpg)

Editor: Imam Rahmanto