25 radar bogor

Kontrak Samuel Umtiti Diputus Barcelona, Ini Alasannya

samuel umtiti
Samuel Umtiti. (Getty Images)

BARCELONA-RADAR BOGOR, Klub Liga Spanyol Barcelona resmi memutus kontrak bek tengah Samuel Umtiti, meski kontrak sang pemain akan berakhir pada musim 2025/2026.

“FC Barcelona dan bek Samuel Umtiti telah mencapai kesepakatan untuk memutus kontrak pemain yang harusnya berakhir pada musim 2025/2026 mendatang,” tulis keterangan resmi FC Barcelona, Sabtu (1/7).

Sebelumnya, Barcelona sempat meminjamkan bek berkebangsaan Prancis itu ke klub Serie A Italia Lecce pada musim 2022/2023.

Baca Juga : Barcelona Juara La Liga, Pemain Senior Ini Malah Tinggalkan Camp Nou

Umtiti didatangkan manajemen Barcelona dari klub Ligue 1 Prancis, Olympique Lyon, menuju Camp Nou pada 2016 lalu. Selama berduet dengan Gerard Pique di lini belakang, Umtiti telah mencatatkan 75 penampilan dan mencetak dua gol untuk Blaugrana.

“Usai menjadi juara Piala Dunia bersama dengan timnas Prancis di tahun 2018, permasalahan cedera menghambat perkembangan kariernya. Dia tidak mendapatkan banyak menit bermain di lapangan dan memutuskan untuk pindah ke Italia (masa peminjaman) untuk mendapatkan menit bermain,” tulis keterangan resmi Barcelona.

Umtiti kerap menderita cedera berkepanjangan setelah menjuarai Piala Dunia 2018. Selama lima musim, Umtiti menderita riwayat cedera di antaranya cedera lutut pada 2020 dan sempat menderita patah tulang metatarsal di bagian kaki kanannya pada 2022.

Selama masa peminjaman di Lecce, Umtiti hanya sanggup mencatatkan penampilan sebanyak 25 pertandingan disebabkan jarang turun ke lapangan karena kerap mengalami masalah kebugaran.

Saat ini Barcelona belum bergerak dalam bursa transfer musim panas untuk merekrut pemain berposisi bek tengah. Blaugrana membutuhkan setidaknya satu bek tengah untuk mengisi pos yang ditinggalkan oleh Gerard Pique dan kepergian Samuel Umtiti.

Selama bursa transfer musim panas ini, Barcelona telah mengamankan tanda tangan kapten Manchester City Ilkay Gundogan. Sementara sejumlah kabar mengatakan bek Manchester City Aymeric Laporte juga dikaitkan akan didatangkan menyusul Gundogan menuju Camp Nou. (jpc)

Editor : Ruri Ariatullah