25 radar bogor

Bogor Barat Kekeringan, 65 Ribu Liter Air Didistribusikan ke Warga

kekeringan
Petugas BPBD Kabupaten Bogor tengah menyalurkan air bersih kepada warga di wilayah Bogor Barat yang mulai mengalami kekeringan. FOTO DISKOMINFO

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pemkab Bogor melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), gerak cepat melakukan penanganan bencana kekeringan dengan mendistribusikan 65 ribu liter air bersih bagi masyarakat di wilayah Bogor Barat, yakni Kecamatan Nanggung dan Jasinga.

Baca Juga : BPBD Suplai Air Bersih ke Desa Curug Jasinga, Kekeringan?

Sebanyak 65 ribu liter air bersih didistribusikan kedua wilayah tersebut, dengan rincian 10 ribu liter air bersih bagi 148 Kepala Keluarga/592 jiwa masyarakat Kampung Liud RT 05 /04 RW 02, Desa Curug Kecamatan Jasinga, dan 10 ribu liter bagi 152 KK/603 jiwa masyarakat Kampung Roke RW 001 Desa Neglasari Kecamatan Jasinga.

Serta 45 ribu liter air bersih untuk 1.408 KK/4.068 warga masyarakat wilayah Desa Kalong Liud Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor. Total 65 liter air bersih didistribusikan kepada 5.263 masyarakat wilayah Kecamatan Jasinga dan Nanggung yang mengalami krisis air bersih.

Perlu diketahui, penanganan bencana kekeringan di wilayah Kecamatan Jasinga dan Nanggung ini telah dilakukan oleh tim reaksi cepat dari BPBD Kabupaten Bogor selama empat hari berturut-turut dari 3 – 6 Juni 2023.

Plt. Kasi Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Cecep Dais mengungkapkan, bahwa secara gerak cepat BPBD sudah menerjunkan tim ke lokasi bencana kekeringan untuk mendistribusikan air bersih.

Pendistribusian air menggunakan dua metode pertama dibagikan langsung ke warga, kedua kami tampung ke toren-toren air yang sudah ia sediakan sebagai upaya mitigasi bencana kekeringan di Kabupaten Bogor.

“Sejak adanya laporan terjadinya bencana kekeringan pada 2 Juni 2023 lalu. Tim kami turun langsung melakukan penanganan bencana tersebut, tim kami sudah bekerja sejak 3-6 Juni 2023 kemarin,” tutur Cecep.

Menurut, Cecep tim BPBD hingga kini selalu standby dan siap menerima serta memenuhi laporan permintaan air bersih dari masyarakat.

“Jika ada permintaan air kami siap kirim dan distribusikan menggunakan mobil tangki air dengan bantuan lima personal tim reaksi cepat BPBD disetiap tangki. Hingga saat ini, sekitar 65 ribu liter air bersih kami distribusikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di sana. Untuk laporan, Alhamdulilah berkurang dari sebelumnya, karena mungkin kemarin Kabupaten Bogor telah diguyur hujan,” terang Cecep.

Lanjut Cecep menjelaskan, dirinya telah memasang toren penampungan air bersih di 24 titik yakni 11 titik di wilayah Kecamatan Jonggol, dan 13 titik di wilayah Kecamatan Nanggung sebagai upaya mitigasi dan antisipasi terjadinya bencana kekeringan.

“Bantuan distribusi air bersih ini akan terus kami berikan selama laporan permintaan air bersih itu dibutuhkan masyarakat. Pada prinsipnya kami siap membantu dan senantiasa gerak cepat jika ada bencana dan masyarakat yang membutuhkan,” ungkapnya.

Dirinya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bogor untuk bijak menggunakan air bersih dan selalu sediakan penampungan air untuk antisipasi terjadinya kekeringan. Mengingat saat ini akan memasuki masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

Baca Juga : Sering Kekeringan, SMPN 2 Citeureup Minta Pengadaan SAB

“Setiap rumah harus menyiapkan toren penyimpanan air, ini juga salah satu antisipasi kelangkaan air bersih,” tuturnya.

Meski kejadian bencana kekeringan ini terjadi di wilayah Bogor Barat Kabupaten Bogor, tapi pihaknya akan terus memantau dan memonitor keseluruh wilayah Kabupaten Bogor sebagai upaya mitigasi bencana. (*)

Sumber : Diskominfo Kabupaten Bogor
Editor : Yosep