25 radar bogor

HJB ke-541 di Jalan Sudirman, Begini Rekayasa Lalu Lintasnya

HJB ke-540
Wali Kota Bima Arya menunggangi kuda dari balaikota menuju alun-alun pada peringatan HJB ke-540, Jumat (3/6/2022).

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bakal melakukan rekaya lalu lintas selama kegiatan helaran pada perayaan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-541. Fokus kegiatannya berlangsung di sepanjang Jalan Sudirman, Kota Bogor, Minggu (4/6) mendatang.

Setidaknya akan ada pengalihan arus hingga penutupan ruas jalan di sepanjang Jalan Sudirman pada saat kegiatan helaran berlangsung.

Baca Juga: Sambungan Baru Selama HJB, Tirta Kahuripan Beri Diskon

Helaran kali ini dipastikan tidak akan berlangsung lama. Pemkot Bogor berencana hanya akan menggelar helaran selama tiga jam, yakni dimulai dari pukul 07.00 WIB.

Warga diminta untuk dapat menyesuaikan atau menghindari Jalan Jenderal Sudirman lokasi kemacetan.

Rekayasa lalu lintas dilakukan dengan mengalihkan kendaraan agar tak melintasi Jalan Sudirman. Kendaraan yang melintas dari Jalan Juanda atau Istana Bogor tidak bisa menuju Jalan Sudirman dan akan dialihkan menuju terus ke Jalan Jalak Harupat.

Sedangkan, kendaraan dari arah Ahmad Yani akan dialihkan menuju jalan RE Martadinata.

Kasatlantas Polresta Bogor Kota Kompol Galih Apria mengatakan, penutupan jalan selama kegiatan helaran berlangsung akan dilakukan secara situasional. Pihaknya akan melihat kepadatan jumlah peserta dan pengunjung yang akan tumpah ruah merayakan HJB ke-541.

“Melihat skalanya, kalau penuh dan berdesakan kita akan alihkan full (dilakukan penutupan Jalan Sudirman). Kalau tidak terlalu padat, bisa dialirkan satu jalur,” kata Galih.

Menurut dia, satu jalur yang dibuka tersebut yakni kendaraan masih bisa melintas dari arah Ahmad Yani menuju Jalan Sudirman menuju Denpom. Ada 124 petugas Satlantas yang akan dikerahkan.

Baca Juga: HJB ke-541, Helaran Bakal Dipusatkan di Kawasan Jalan Sudirman

“Ketika (pengunjung) yang akan datang 900-1000 orang, maka masih bisa kita alirkan satu jalur. Tapi kalau dari pagi sudah ramai, baru benar-benar kita tutup dan arus akan kita alihkan menuju Jalan Jalak Harupat atau RE Martadinata,” ucap dia.

Selain itu, masyarakat yang hendak mengunjungi helaran bisa memanfaatkan parkiran di GOR Pajajaran dan bisa berjalan kaki. Bisa juga memakai Pusdikzi ketika jalanan masih lengang.

Selain itu, kawasan Jalan Sudirman juga meliputi beberapa tempat ibadah seperti gereja. Pihaknya akan tetap memprioritaskan orang yang mau beribadah. (*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto