25 radar bogor

HJB ke-541, Helaran Bakal Dipusatkan di Kawasan Jalan Sudirman

HJB ke-541

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana mengadakan kegiatan helaran Hari Jadi Bogor atau HJB ke-541 yang jatuh setiap tanggal 3 Juni.

Baca Juga : HJB ke-541, Pemkot Bogor Bakal Launching Super Aplikasi

Adapun kegiatan helaran HJB ke-541 sendiri akan dilaksanakan pada Minggu (4/5/2023), dengan titik fokus kegiatan berlangsung di sepanjang Jalan Raya Jenderal Sudirman.

Namun, kegiatan helaran kali ini dipastikan tidak akan berlangsung lama. Pemkot Bogor berencana hanya akan menggelar helaran selama tiga jam. Yakni, dari pukul 07:00 – 10:00 WIB.

“Kalau tahun kemarin kita sampai jam 12 siang masih ada acara, sekarang kita sampai jam 10 pagi. Jadi hanya sebentar,” kata Ketua Panitia HJB ke-541, Rakhmawati kepada wartawan.

Menurut dia, kebijakan pelaksanaan HJB yang berlangsung hanya tiga jam tersebut dilakukan lantaran masih ada kendala karena bersamaan dengan pembangunan Jembatan Otista.

“Kita takut seputar SSA itu akan terganggu lama, sehingga kita mulainya jam 7 pagi disaat kendaraan belum begitu banyak, jam 10 udah selesai,” ucap dia.

Dijelaskan Rakhmawati, kegiatan helaran sendiri rencananya akan dilaksanakan mulai dari Balai Kota Bogor, masuk ke Jalan Jenderal Sudirman dan finish di Pusdikzi Kota Bogor.

Namun, tidak semua rombongan akan jalan dari Balai Kota Bogor, sebagian rombongan akan jalan langsung dari halaman Denpom.

“Untuk rombongan nanti kita akan bagi dua. Jadi rombongan dari Balai Kota itu hanya Wali Kota dan VVIP saja, serta beberapa komunitas,” ucap Rakhmawati.

“Sementara iring-iringan yang besar dari Kecamatan, yang akan membawa jampana itu di mulai dari Denpom. Jadi mereka starnya di halaman Denpom,” lanjut Ketua Panitia HJB ke-541 ini.

Adapun, dilanjutkan Rakhmawati, maksud dan tujuan dari ini agar iring-iringan yang berjalan di seputar SSA Kota Bogor tidak berlangsung lama.

“Jadi kita perkirakan (iring-iringan dari Balai Kota) sampai ke Denpom dalam waktu 30-45 menit, paling lama itu sudah selesai, jadi nanti kita fokus di Jalan Jenderal Sudirman,” ungkap dia.

Baca Juga : Logo HJB ke-541 Sudah Meluncur, Intip Tema dan Maknanya

Ditambahkan Rakhmawati, dalam kegiatan helaran ini, jumlah komunitas yang hadir pun tidak banyak. Total hanya ada sekitar 10 hingga 11 komunitas yang diakomodir mengikuti helaran ini.

“Dan kalau dulu jampana itu hampir kelurahan ada satu, sekarang enggak, satu kecamatan hanya satu, jadi satu tapi besar,” beber Rakhmawati.

“Tujuan kita juga tetap ingin ada kemeriahan, tapi kita tidak ingin terlalu lama menggunakan jalan,” pungkas dia. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep