25 radar bogor

Beri Kenyamanan Jemaah Haji, Ini 4 Layanan Baru di Arafah dan Mina

Jemaah haji naik ke Bukit Jabal Rahmah yang terletak di dekat Masjid Namirah di Arafah kemarin (8/7). (MEDIA CENTER HAJI)

BOGOR-RADAR BOGOR, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H/2023 M terus berupaya meningkatkan kualitas layanan bagi jemaah haji Indonesia. Peningkatan kualitas layanan dilakukan di beragam sektor, termasuk di Arafah dan Mina.

Wakil Ketua PPIH Arab Saudi 1444 H Nasrullah Jasam mengatakan, tahun ini ada empat inovasi layanan di Arafah dan Mina. Pertama, penambahan toilet di Arafah. Menurutnya, rasio kamar mandi di Arafah lebih baik dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: Dedie A Rachim Antar Calon Jamaah Haji Menuju Tanah Suci

“Selama ini, rasio toilet di Arafah adalah 1:150. Tahun ini kita upayakan penambahan toilet sehingga rasionya menjadi 1:50,” kata Nasrullah Jasam dikutip dari Jawa Pos, Kamis (1/6).

“Kita masih memantau proses penyediaan yang dilakukan masyariq atau perusahan penyedia layanan,” sambungnya.

Inovasi kedua, lantai tenda jemaah haji Indonesia di Arafah, dilapisi dengan pasir halus. Hamparan pasir halus ini dipadatkan dengan alat berat. Setelah itu, akan digelar karpet dan busa.

“Dipadu dengan AC, lantai beralas pasir halus diharapkan menjadikan suhu menjadi lebih dingin,” imbuhnya

Inovasi ketiga, instalasi listrik yang tidak lagi mengandalkan generator. Sebelumnya listrik Arafah menggunakan generator. Sehingga dayanya kurang stabil.

“Tahun ini sudah sepenuhnya instalasi sehingga daya listrik lebih tinggi. Ini diharapkan menjadikan AC lebih dingin. Support listrik untuk alat kesehatan juga lebih optimal,” jelas Nasrullah.

Khusus di Mina, kata Nasrullah, inovasi tahun ini adalah lantai tenda yang sudah menggunakan keramik. Sebelumnya, lantai tenda di Mina menggunakan batako.

Baca Juga: 392 Calon Jemaah Haji Kota Bogor Gelombang Pertama Dilepas ke Embarkasi Bekasi

“Sekarang sudah berkeramik. Lebih rata. Sehingga diharapkan lebih nyaman untuk ditempati setelah digelar karpet dan busa. Kita selalu berkomunikasi dengan Saudi untuk kelancaran operasional haji 1444 H,” tandasnya.(*/jpg)

Editor: Imam Rahmanto