25 radar bogor

392 Calon Jemaah Haji Kota Bogor Gelombang Pertama Dilepas ke Embarkasi Bekasi

Jemaah Haji
Pemberangkatan jemaah haji Kota Bogor di Masjid Raya, Selasa (30/5/2023). SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Tangis haru ratusan keluarga pecah mewarnai keberangkatan 392 calon jemaah haji (Calhaj) Kota Bogor di Masjid Raya Bogor pada Selasa (30/5/2023).

Baca Juga : Kemenag Sebut 4.460 Jemaah Calon Haji Jawa Barat Belum Lunasi Biaya Haji

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bogor, Dede Supriatna mengatakan, calon jemaah haji gelombang pertama Kota Bogor itu masuk dalam kloter ke-17.

“Mereka diberangkatkan ke Embarkasi di Bekasi terlebih dahulu. Esok harinya pada Rabu (31/5/2023), para calhaj baru akan bertolak ke Madinah dari Bandara Soekarno Hatta,” ujarnya.

Dede berdoa, para jemaah haji senantiasa diberikan kemudahan saat beribadah dan selalu dalam kondisi yang sehat, selamat, dan lindungan Allah. “Kami juga menitip doa agar Kota Bogor senantiasa dalam naungan Allah,” harap dia.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim mengungkapkan Calon Jemaah Haji Kota Bogor didominasi lansia yang jumlahnya mencapai 70 persen. Dedie menjelaskan hal itu disebabkan adanya penundaan keberangkatan di masa pandemi 2 tahun kemarin.

“Oleh karena itu, saya berharap para Calhaj saling membantu, memperhatikan satu sama lain, tidak egois atau individualis, dan semoga selalu kompak saat berada di Tanah Suci,” pesan dia.

Dirinya juga meminta para Calhaj untuk senantiasa memperhatikan kondisi kesehatannya sebab menurutnya saat ini cuaca di Madinah dan Mekkah sedang tidak menentu.

Sehingga perlu perhatian khusus dengan asupan vitamin dan pola makan teratur agar para Calhaj bisa prima dalam menjalanlan ibadahnya.

Dedie berdoa, para jemaah senantiasa sehat, selamat, dan menjadi haji yang mabrur dan mabruroh. Ia pun berharap para jemaah bisa mendoakan Kota Bogor supaya diberikan keberkahan dan keselamatan.

Baca Juga : Tekan Kematian Jemaah Haji, Kemenkes Bentuk Tim Medis Darurat

Sementara gelombang kedua akan diberangkatkan 10 hari setelahnya pada tanggal 8 Juni 2023 pukul 19.15 WIB melalui kloter 42. Sebanyak 366 Calhaj dan 8 orang petugas.

Pada elombang ketiga ada 202 jemaah dan 8 orang petugas. Mereka diberangkatkan pada tanggal 19 Juni 2023 pukul 17.05 bersama kloter 67 yang bergabung Calhaj Depok 68 orang dan Calhaj Kabupaten Bogor 162 orang. (fat)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep