25 radar bogor

Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo Genap 14 Tahun, Ini Tips Pernikahan dari Mereka

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pasangan artis Zaskia Adya Mecca dan sutradara Hanung Bramantyo telah menjalani pernikahan sejak 2009 tanpa gosip berarti. Pada 13 September 2023 mendatang, nyaris genap 14 tahun mereka bersama. Keduanya pun masuk daftar suami istri selebriti yang rumah tangganya langgeng.

Lantas, apa tips pernikahan tersebut bisa awet sampai sekarang?

“Kuncinya saling pengertian,” tegas Zaskia Adya Mecca di YouTube Zee Zee Shahab, baru-baru ini, dikutip dari POJOK SATU (Grup Radar Bogor).

Baca Juga : Zaskia Adya Mecca Anggap Foto Merokok Sebagai Momen Terburuk, Ini Pengakuannya

Ya, pengertian atas semua hal. Termasuk, dirinya yang menikah langsung jadi ibu sambung bagi anak Hanung dari pernikahan sebelumnya. Ditambah lima orang anak yang dilahirkan Zaskia, total mereka memiliki 6 orang anak. Zaskia memutuskan mengurangi aktivitas di dunia akting demi menjaga anak-anaknya.

Dari sejak awal menikah, Zaskia mengaku dalam keadaan kaget karena orang tuanya yang awalnya tak setuju dengan status duda Hanung mendadak menyetujui.

Zaskia pun merasakan ternyata memupuk cinta setelah pernikahan jauh lebih indah. “Aku ngerti banget kenapa di Islam ada nama taaruf. Aku nikah sama Mas Anung dalam kondisi kaget. Cinta itu kebangun di proses perjalanan pernikahan,” jelasnya.

Zaskia menekankan percaya dengan proses taaruf. Diantaranya bagaimana bisa kita jalani hidup dengan orang yang kita tidak kenal, kita tidak cinta di awal.

“Ternyata cinta itu dibangun. Gimana kita bisa menghargai suami kita, gimana suami menghargai istri di rumah. Kita belajar bareng-bareng, ya akhirnya perasan itu makin lama main tumbuh,” jelasnya.

Zaskia mengakui rasa cintanya ke Hanung makin besar setelah menikah. “Aku mencintai Mas Hanung seiring perjalanan pernikahan kita. Makin ke sini, aku justru makin cinta sama dia. Proses perjalanan ini yang membuat hubungan kita makin langgeng dan baik-baik saja,” ungkapnya.

“Kita sama-sama memberikan ruang. Kita dalam Islam bagaimana sih seorang istri bersikap kepada suami dan Mas Hanung walaupun di luar kelihatanya agak kontroversial, galak. Tapi di rumah dia sangat menghargai perempuan, itu yang membuat hubungan kita bertahan sampai sekarang,” paparnya.

Selain itu, penting menurut Zaskia untuk memiliki waktu untuk diri sendiri di luar kehidupan keluarga. Misalnya ngobrol atau jalan dengan teman di luar tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga atau istilah kerennya me time.

“Capek loh ketika menjadi ibu tangung jawabnya banyak. Itu penting banget (punya waktu buat diri sendiri). Karena kebahagiaan rumah itu pengaruh besarnya dari (sosok) ibu, ibu happy, ibu tenang itu pengaruh banget buat rumah,” pungkas Zaskia Adya Mecca.(jp)

Editor : Pipin