25 radar bogor

Zaskia Adya Mecca Anggap Foto Merokok Sebagai Momen Terburuk, Ini Pengakuannya

JAKARTA-RADAR BOGOR, Zaskia Adya Mecca punya karir yang lumayan terjaga sejak terjun ke dunia entertainment. Namun, ada satu momen terburuk yang sulit dilupakannya. Ya, beberapa tahun lalu, dia kedapatan mengenakan hijab dan merokok di tempat umum.

“Kalau satu momen pukulan berat aku di karir, yang satu Indonesia juga lihat. Saat itu aku lagi terkenal banget, sinetron lagi naik. Aku pakai jilbab, mungkin saat itu artis yag pakai jilbab di usiaku belum ada, jadi kayak kesorot banget,” jelas Zaskia Adya Mecca di YouTube Zee Zee Shahab yang dikutip Pojoksatu.id (Radar Bogor Grup), Rabu (24/5/2023).

Baca Juga: Gemasnya Baju Lebaran Keluarga Hanung dan Zaskia

“Ada satu momen aku ketangkap foto lagi ngerokok, duduknya angkat kaki, Mas Hanung juga ada (di situ),” sambungnya.

Zaskia yang jadi ikon artis remaja dengan berhijab saat itu, mendadak pandangan publik berubah 360 derajat karena foto merokok itu. “Wah itu pukulan besar luar biasa, karena aku yang tadinya sudah nyaman, Zaskia Adya Mecca ikon remaja muslimah Indonesia, setiap ketemu orang, ‘semoga anak saya kayak kamu’,” kenangnya.

Dia merasa terbuai saat itu dengan ikon remaja muslim indonesia, walau diakuinya sejak memakai hijab 2005, dirinya belum sepenuhnya muslimah yang baik.

Zaskia saat itu tak menyadari difoto saat berada di satu tempat. Dia mengakui merokok. “Saat itu ada orang fotoin aku lagi ngerorok, bukan narkoba, bukan juga bukan melakukan hubungan apa-apa yang melanggar agama tapi merokok,” jelasnya.

Tapi, foto itu langsung tersebar di infotainment dan membuat heboh jagat raya. Dia baru sadar jadi sorotan, ketika ibunya mendadak membangunkannya dari tidur dengan menggebrak pintu kamar dan mengancam akan bunuh diri dengan lompat dari lantai dua rumahnya.

“Itu luar biasa pukulannya, pas fotonya keluar di infotainment. Pagi aku lagi tidur, mama gebrak pintu, nangis-nangis. ‘Kamu ngapain, kamu merokok ternyata, mama mau loncat dari lantai dua’,” kenangnya.

Zaskia yang masih belum paham yang terjadi hanya bisa kebingungan. Apalagi, mamanya terus menangis dan menyebutnya malu dengan ulah putrinya. Diapun tersadar saat melihat berita dan wartawan semua sudah berkumpul di depan rumah.

Dia merasa digempur dan ditekan publik saat itu ditambah pemberitaan tak henti-henti yang membuat istri Hanung Bramantyo itu sempat stres.

“Itu pukulan seminggu pertama itu beritanya luar biasa, berangkat syuting berat, wartawan ramai nungguin. Orang yang lihatnya (aku) enggak ada noda ternyata ngerokok, saat itu aib banget, pakai jilbab, angkat kaki, pakai rok, itu jadi satu aib luar biasa,” ucapnya.

Zaskia mengatakan butuh seminggu untuk menenangkan diri. Dia merasa tidak meminta jadi artis, kenapa ketika satu kesalahan, seakan dirinya dicap menodai seluruh remaja muslimah di Indonesia.

Namun, pada akhirnya dia paham, apa yang terjadi adalah tegur dari Allah SWT, karena jemawa dengan keartisannya saat itu.

“Itu teguran, membuat aku (berpikir) masih banyak yang kurang yang harus aku benarin. Itu titik yang menolong aku juga sih. Karena merokok enggak baik juga buat kesehatan aku. Kalau enggak ditegur mungkin aku masih merokok, segala macam, tetap banyak hikmahnya,” pungkas Zaskia Adya Mecca. (poj)

Editor : Pipin