25 radar bogor

Rampes 2023, Pelajar Tampilkan Karya dan Pentas Seni

SMAN 1 Babakan Madang menggelar Ruang Pameran Karya dan Pentas Seni (Rampes) di halamannya, Kamis (18/5). (Radar Bogor/Jaenal Abidin)

BABAKAN MADANG-RADAR BOGOR, SMA Negeri 1 Babakan Madang menggelar kegiatan Ruang Pameran Karya dan Pentas Seni (Rampes), Kamis (18/5). Pameran di halaman sekolah itu diikuti oleh semua pelajar.

Kepala Sekolah SMAN 1 Babakan Madang Vera Varianti menjelaskan, pameran karya itu sebagai salah satu bentuk apresiasi sekolah terhadap muridnya, yang telah selesai mengikuti project penguatan profil Pelajar Pancasila (P5).

Baca Juga: Pelepasan Angkatan 26 Sekolah Bosowa SMA Bina Insani, Ini Pesan Bima Arya

Vera mengakui, pihak sekolah sangat menghargai karya mereka sehingga ditampilkan dalam satu wadah kegiatan.

“Hasil yang ditampilkan murid kami sebuah proses yang panjang. Tujuannya agar tidak berhenti dalam berkarya dan bisa dituangkan di lingkungannya,” jelasnya.

Vera berharap, karakter profil pelajar Pancasila bisa melekat. Terlebih, proses pameran itu menjadi bagian dari kerja sama yang menghasilkan karya kolaborasi setiap murid.

“Selain dari unsuk P5, kami juga menampilkan dari masing-masing ekstrakulikuler,” tambahnya.

Gelaran itu mengusung konsep dan tema yang berbeda setiap tahunnya. Idenya sendiri berasal dari para murid dengan potensi yang diakui Vera luar biasa.

Baca Juga: Pelajar SMKN 3 Bogor Pamerkan Busana Pesta Karya Siswa

“Guru ada disitu hanya sebagai pengarah dan pemantik saja, selanjutnya yang melaksanakan mereka (murid). Bukan ekskul, tapi di Kurikulum Merdeka, ada kuliner dan perhotelan. Karena ada guru dan lingkungannya mendukung, untuk alternatif ketika mereka tidak melanjutkan ke jenjang lain ada jalur di dua bidang tersebut,” tuturnya.(*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto