25 radar bogor

Buka Peluang Ekspor Baru, Tanaman Hias Dilirik Nursery asal Singapura

Pengusaha asal SIngapura menyambangi lokasi pembibitan dan pengembangan tanaman hias Minaqu Indonesia di Bogor, Senin (15/5). (ist)

BOGOR-RADAR BOGOR, Tanaman hias asli nusantara berpeluang merambah pasar yang lebih luas di negara ASEAN. Pintu perdagangan ke Singapura mulai dibuka dan siap dilakoni oleh eksportir asal Bogor, Minaqu Indonesia.

Baru-baru ini, mitra Minaqu dari Singapura mengunjungi green house tanaman hiasnya di Kota Bogor. Tak ketinggalan, mereka pun diajak berkeliling ke laboratorium kultur jaringan milik Minaqu Indonesia.

Baca Juga: Bisnis Rempah Herbal, Dari Praktik Sekolah hingga Tembus Pasar Ekspor

CEO Minaqu Indonesia, Ade Wardhana Adinata mengakui, kedatangan mitra dari Singapura itu menjadi hal yang tak terduga.

Semula, mereka ingin membuat nursery di negara Malaysia. Akan tetapi, Ade berinisiatif menawarkan kerja sama dengan Indonesia.

“Mereka sangat tertarik, karena saya sampaikan Indonesia adalah negara Mega Biodiversity. Kita punya 39 eco-region (tanaman hias) dari Sabang sampai Merauke,” paparnya dikutip Radar Bogor, Selasa (16/5).

Ia menekankan, ribuan jenis tanaman hias ada di Indonesia. Bahkan, negara kepulauan ini didukung sumber daya manusia (SDM) dan fasilitas memadai.

“Dan komitmen untuk menduniakan tanaman hias asli Indonesia,” imbuhnya.

Bioteknologi kultur jaringan (tissue culture) yang dimiliki Minaqu Indonesia juga menjadi nilai tambah tersendiri. Lantaran metode itu bisa memperbanyak tanaman hias tanpa merusak habitat aslinya. Waktu produksinya juga bisa lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan ekspor ke sejumlah negara.

Baca Juga: Manfaatkan Kultur Jaringan, Minaqu Kebut Jutaan Bibit Tanaman Hias

Ade pun sangat bersyukur dengan peluang kerja sama yang kini terbuka lebar itu. Peluang itu akan menjadi kesempatan pertamanya melenggang ke Singapura.

“Memang Singapura ini adalah salah satu negara yang belum pernah saya datangi di ASEAN. Alhamdulillah terbuka jalan untuk bisa lebih melebarkan sayap bisnis kita di sana,” pungkasnya.(*/mam)

Editor: Imam Rahmanto