25 radar bogor

Sudah 80 Persen Jemaah Kabupaten Bogor Lunasi Pembayaran Haji

Ilustrasi. Sebanyak 3.530 jemaah haji asal Kabupaten Bogor akan diberangkatkan pada tahun 2023 ini. (Radar Bogor/Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Sebanyak 3.530 jemaah haji asal Kabupaten Bogor akan diberangkatkan pada tahun 2023 ini. Mereka diminta segera melunasi pembiayaan hingga batas wakti yang ditentukan yakni 19 Mei 2023 ini.

Kepala Seksi (Kasi) Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor, Muslimin menyebut hampir sebagian besar calon jemaah haji Kabupaten Bogor telah melunasi pembiayaan haji.

Baca Juga: Diperpanjang! 147 Calon Jemaah Kota Bogor Belum Lunaskan Biaya Haji

“Sudah 70-80 persen, jemaah lainnya sudah diimbau untuk segera melunasi pembayaran hingga 19 Mei ini,” ujarnya kepada Radar Bogor, (15/5/2023).

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan ada jemaah haji yang tidak melunasi pembiayaan hingga waktu yang ditentukan. Bisa karena alasan-alasan tertentu baik masalah ekonomi, kesehatan dan sebagainya.

Meski demikian, pihaknya telah menyiapkan opsi-opsi apabila jemaah yang tidak bisa melunasi pembiayaan, akan digantikan dengan jemaah lainnya yang masuk dalam antrian.

“Kita ada kuota cadangan, bilamana ada jemaah yang tidak berangkat di tahun ini bisa diberangkat di tahun depan. Dan digantikan dengan jemaah dari kuota cadangan,” jelasnya.

Sementara itu lanjut Muslimin, masa tunggu keberangkatan haji di Kabupaten Bogor yakni 22 tahun. Dengan total jemaah yang terdaftar yakni sebanyak 76 ribu jemaah.

“Untuk tahun ini Kabupaten Bogor mendapat kuota terbanyak se-Jawa Barat, rencananya dijadwalkan berangkat mulai 24 Mei, dengan pembagian 7 kloter untuk jemaah Kabupaten Bogor dan 4 kloter gabungan,” tukasnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor, Syukri Ahmad Fanani memaparkan, jemaah haji di Indonesia terdiri dari 203.320 jamaah haji reguler, 17.680 jemaah haji khusus dan 4.200 muatan petugas haji.

Baca Juga: Pelunasan Biaya Haji 2023 Diperpanjang Hingga 19 Mei 2023

Adapun untuk kuota petugas haji yang ada di Kabupaten Bogor sebanyak 11 orang dari tim pembimbing haji daerah, kemudian tim pemandu haji Indonesia (TPHI) sebanyak 7 orang, tim pembimbing ibadah haji Indonesia (TPIHI) sebanyak 7 orang dan sebagian 21 orang termasuk di dalamnya dokter dan paramedis.

“Kemudian di Provinsi Jawa Barat sebanyak 38.723 jemaah. Kabupaten Bogor sendiri mendapatkan kursi sebanyak 3.530 jamaah haji dengan rincian 3.203 jemaah haji reguler dan 327 jamaah haji prioritas lansia yang terdiri sekitar 8 sampai dengan 9 kloter,” tandasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto