25 radar bogor

Diperpanjang! 147 Calon Jemaah Kota Bogor Belum Lunaskan Biaya Haji

Ilustrasi. Sejumlah calon jemaah haji di Kabupaten Bogor saat pelepasan di Gedung tegar Beriman, Cibinong. (Radar Bogor/ Hendi Novian)

BOGOR-RADAR BOGOR, Masih banyaknya Calon Jemaah Haji (CJH) yang belum melunasi biaya haji membuat masa pelunasan di Kota Bogor diperpanjang.

Kepala Seksi Haji Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kota Bogor, Ahyan Maemun menyebut, pihaknya mencatat ada 107 CJH dan 40 CJH cadangan yang belum melakukan pelunasan. Ahyan mengatakan, hal itu terjadi disebabkan sejumlah faktor.

Baca Juga: Pelunasan Biaya Haji 2023 Diperpanjang Hingga 19 Mei 2023

“Penyebabnya bervariasi di antaranya, belum punya uang untuk melunasi, ingin berangkat bersamaan dengan pendamping, dan juga adanya gangguan di Bank Syariah Indonesia (BSI) beberapa waktu lalu,” jelasnya saat dihubungi Radar Bogor, Senin (15/5).

Untuk menangani masalah ini pihaknya memperpanjang masa pelunasan hingga Jumat (19/5) mendatang.

Jika CJH belum juga melunasi biaya tersebut hingga tenggat waktu yang diberikan dirinya akan memberikan kebijakan lanjutan pada Kemenag Pusat.

Kuota jemaah haji pada tahun 2023 sebanyak 958 orang. Jumlah tersebut terdiri dari jemaah lunas tunda tahun 2020 sebanyak 430 orang, jemaah lunas tunda tahun 2022 56 orang, jemaah nomor porsi 444 orang, serta kuota prioritas jemaah lansia sebesar 5 persen dari kuota (28 orang).

Terdapat pula kuota jemaah cadangan 10 persen dari jumlah kuota, sekira 93 orang. Hingga Jumat (12/5) Kemenag Kota Bogor mencatat ada 904 CJH yang baru melakukan pelunasan.

Baca Juga: Optimalisasi Layanan Haji, Fasilitas Khusus Manasik Bakal Dibangun di Sentul

“Keberangkatan CJH gelombang pertama akan dilakukan pada 30 Mei 2023 dan masuk di kloter 17. Sementara gelombang kedua berlangsung pada 8 Juni 2023, mereka masuk kloter 42. Pelepasan CJH akan dilakukan di Masjid Raya Bogor,” terang Ahyan. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto