25 radar bogor

Kembangkan Museum Pajajaran, PT Siji Solusi Digital Lakukan Pendekatan Multimedia

Museum Pajajaran
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah saat menerima kunjungan PT Siji Solusi Digital dan rombongan di ruang Paseban Surawisesa, Balai Kota Bogor, Senin (8/5/2023), membahas pengembangan Museum Pajajaran.

BOGOR-RADAR BOGOR, Museum Pajajaran yang berlokasi di kawasan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, bakal dikembangkan dengan memanfaatkan digitalisasi.

Baca Juga : Pengumuman! Jam Masuk Sekolah Pukul 08.00 WIB Diperpanjang Hingga 16 Mei

Hal itu diketahui saat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah menerima kunjungan PT Siji Solusi Digital dan rombongan di ruang Paseban Surawisesa, Balai Kota Bogor, Senin (8/5/2023).

Rudi Wahyu dari PT Siji Solusi Digital memaparkan, apa yang telah dilakukan pihaknya dalam pembangunan museum-museum dari sisi konten dengan memanfaatkan digitalisasi, sehingga tampilannya lebih menarik.

Konsep yang digunakan museum kata dia, adalah konsep sistem 4.0 dan pendekatan multimedia yang lebih edutainment serta tata kamera yang secara konseptual diserasikan dengan konten kisah sejarah serta kajian sejarah.

Pihak PT Siji Solusi Digital sambung Rudi dipercaya melaksanakan pembangunan beberapa museum,  di antaranya Museum Sumpah Pemuda pada tahun 2022 yang telah selesai dan diresmikan, Museum Pusat Angkatan Laut dan Museum TNI AU serta museum di Bekasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Iceu Pujiati menambahkan, di area kurang lebih 3.500 meter persegi, hanya 500 meter persegi yang akan digunakan untuk Museum Pajajaran.

Usai menyimak paparan yang disampaikan, Syarifah mengatakan akan melaksanakan pertemuan lebih lanjut guna membahas dengan jajaran Pemerintah Kota Bogor tentang apa yang disampaikan. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep