25 radar bogor

Maksimalkan Cuan di Sosial Media, Berikut Tipsnya…

sosial media
sosial media

BOGOR-RADAR BOGOR, Anggota Komisi I DPR RI Junico B.P. Siahaan membagikan beberapa tips untuk menghadapi tantangan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di sosial media.

Di antaranya, perluas akses teknologi digital. Yang kedua, meningkatkan literasi digital.

“Selanjutnya mengintegrasi teknologi digital dan mempromosikan kemitraan bersama instansi yang lainnya,” ujar Junico dalam webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk Digitalisasi dan Kesejahteraan Masyarakat, Jumat 5 Mei 2023.

Menurutnya, kita sebagai manusia perlu memiliki jiwa berdikari yang berdaulat, bukan hanya di era digital.

Tujuannya, agar masyarakat tidak hanya sebagai objek dalam pasar ekonomi digital.

“Oleh karena itu, kita perlu memiliki sikap positif maupun kritis dalam memilih informasi data maupun informasi dari era digital ini,” ungkapnya.

Founder Bedasmarket.com, Firstman R Marpaung mengatakan, dengan adanya transformasi digital, banyak hal yang berubah.

Perubahan tersebut tak hanya teknologi, melainkan juga perilaku masyarakat maupun perubahan bisnis model.

“Oleh karena itu, digital bukan hanya teknologi melainkan bagaimana kita sebagai manusia dalam memanfaatkan era digital ini,” terangnya.

Selanjutnya, Dosen Fikom Unisba, Santi Indra Astuti menjelaskan, pada tahun 2030, Indonesia akan mengalami bonus demografi. Usia produktif akan semakin banyak sehingga menciptakan bekal untuk generasi mendatang.

Baca juga: Hati-Hati! Kejahatan di Sosial Media Makin Marak
Tansformasi digital memiliki dampak negatif seperti penyebaran data pribadi, hoaks, berita palsu dan penipuan.

Namuj, banyak juga manfaat positifnya seperti pada aspek ekonomi digital yaitu banyak e-commerce yang melakukan transaksi jual beli di online, melakukan pembayaran secara digital, dan mengecek kesehatan secara online bahkan mengirim makanan melalui jasa.

“Dengan adanya manfaat seperti itu, kita seharusnya menjadi konsumen yang cerdas, bijak, kritis dan mencintai produk dalam negeri,” katanya.

Sementara itu, Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, dampak pandemi dan pesatnya teknologi telah mengubah cara beraktivitas dan bekerja.

Kehadiran teknologi sebagai bagian dari kehidupan masyarakat ini semakin mempertegas era disrupsi teknologi.

Untuk mengahadapi hal tersebut, semua pihak harus mempercepat kerjasama dalam mewujudkan agenda trasformasi digital Indonesia.

“Bersama-sama wujudkan cita-cita bangsa Indonesia dengan menjadikan masyarakat madani berbasis teknologi,” katanya.

Ia meyakini kemampuan yang kita miliki serta keunggulan yang terus dijaga akan membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang hebat dan besar serta menjadi unggul dalam SDM. (ran)

Editor: Rany