25 radar bogor

Hati-Hati! Kejahatan di Sosial Media Makin Marak

Ilustrasi. Cara aman menjaga data pribadi di sosial media.
Ilustrasi. Cara aman menjaga data pribadi di sosial media.

BOGOR-RADAR BOGOR, Anggota Komisi I DPR RI Krisantus Kurniawan menyebut kejahatan di dunia digital, atau di sosial media semakin marak dan banyak jenisnya. Beberapa di antaranya, yakni kekerasan gender, bullying, pencemaran nama baik, phishing, scammer, cyber card dan lainnya.

“Hal ini sangat meresahkan para pengguna sosial media. Banyak yang dirugikan, akibat perbuatan dari pihak yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya saat webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk ‘Interaksi Online Nyaman, Kikis Ujaran Kebencian,’ Kamis, 4 Mei 2023.

Untuk itu, perlu adanya penanaman etika bagi generasi melenial, termasuk pada dunia digital agar berperilaku bijak dan berbudaya dalam media sosial (medsos).

“Dengan bekal pendidikan etika yang sesuai dengan nilai budaya diharapkan para pengguna internet bisa menjadi pengguna yang baik. Dan nantinya, dunia medsos akan berdampak positif bagi semua orang,” sambungnya.

Selanjutnya, International Media Consultant, Frans Padak Demon membagikan beberapa tips agar tidak melakukan ujaran kebencian. Di antaranya, selalu ingat bahwa seperti dalam dunia nyata, tatakrama juga harus ada di dunia maya, dan berfikir sebelum berkomentar dan memposting sesuatu.

Baca juga: Cerdas Bermain Sosial Media, Begini Caranya…

“Selalu merawat jejak digital Anda agar selalu positif dan jangan lakukan kepada orang lain apa yang tidak ingin dilakukan pada dirimu,” ungkapnya.

Sementara itu, Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kokinfo RI Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, dampak pandemi dan pesatnya teknologi telah mengubah cara beraktivitas dan bekerja. Kehadiran teknologi sebagai bagian dari kehidupan masyarakat ini semakin mempertegas era disrupsi teknologi.

Untuk mengahadapi hal tersebut, semua pihak harus mempercepat kerjasama dalam mewujudkan agenda trasformasi digital Indonesia.

“Bersama-sama wujudkan cita-cita bangsa Indonesia dengan menjadikan masyarakat madani berbasis teknologi,” katanya.

Ia meyakini kemampuan yang kita miliki serta keunggulan yang terus dijaga akan membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang hebat dan besar. “Serta menjadi unggul dalam segi sumber daya manusia,” tandasnya. (ran)

 

Editor: Rany