25 radar bogor

Cerdas Bermain Sosial Media, Begini Caranya…

sosial media
sosial media

BOGOR-RADAR BOGOR, Dosen Fikom Unpad, FX Ari Agung Prastowo membagikan tips tentang 6 cara cerdas bermedia sosial (medsos).

Pertama, cermat memikirkan sebelum posting konten. Kedua selektif, filter dan telaah.

Yang ketiga, etika santun dan jangan membully dalam menggunakan medsos. Keempat, kolaborasi.

“Kelima, inspirasi, yaitu membuat konten sesuai bidang keahlian dan keenam adalah lindungi jangan upload data diri,” ujarnya dalam webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk ‘Tetap Sehat dan Cerdas di Dunia Maya, Senin 17 April 2023.

Lalu, Anggota Komisi I DPR RI Junico B.P. Siahaan menjelaskan bahwa kesehatan dan kecerdasan merupakan dua aspek yang saling terkait dan mempengaruhi satu sama lain.

Kesehatan akan mendukung kemampuan seseorang untuk belajar. Sementara kecerdasan yang baik dapat membantu seseorang untuk membuat keputusan yang lebih sehat agar terhindar dari risiko dan paparan konten yang tidak sehat.

“Untuk tetap sehat dan cerdas di dunia maya, seseorang perlu mengatur pola hidup yang seimbang antara penggunaan teknologi dan aktivitas fisik dan sosial di dunia nyata,” ujarnya.

Selanjutnya, Dosen Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Pasundan, Vera Hermawan menjelaskan, perkembangan internet di Indonesia sangatlah pesat dari tahun ke tahun.

Kemajuan tersebut juha memiliki dampak positif dan negatif.

“Oleh karena itu kita harus bijak memanfaatkan kemajuan dan perkembangan teknologi digital untuk hal-hal positif,” terangnya.

Sementara itu, Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kokinfo RI Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, dampak pandemi dan pesatnya teknologi telah mengubah cara beraktivitas dan bekerja.

Kehadiran teknologi sebagai bagian dari kehidupan masyarakat ini semakin mempertegas era disrupsi teknologi.

Untuk mengahadapi hal tersebut, semua pihak harus mempercepat kerjasama dalam mewujudkan agenda trasformasi digital Indonesia.

“Bersama-sama wujudkan cita-cita bangsa Indonesia dengan menjadikan masyarakat madani berbasis teknologi,” katanya.

Ia meyakini kemampuan yang kita miliki serta keunggulan yang terus dijaga akan membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang hebat dan besar.

“Serta menjadi unggul dalam segi sumber daya manusia,” tandasnya. (ran)