25 radar bogor

Keren! SMAN 1 Cigombong Mendulang Berbagai Prestasi

BOGOR-RADAR BOGORPrestasi demi prestasi terus dicetak anak-anak didik SMAN 1 Cigombong. Prestasi itu dicetak dalam berbagai bidang.

Salah satunya yaitu prestasi pada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), untuk masuk ke perguruan tinggi.

Sembilan siswa SMAN 1 Cigombong lolos pada SNBP, yaitu jalur terbaru penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk tahapan awal Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun 2023.

Siswa tersebut yaitu Cikal ke IPB jurusan Vokasi Manajemen Agribisnis, Nur Anisa Anwar ke UPN Veteran Jakarta jurusan perbankan dan keuangan, Aurylia Taffana ke UPI jurusan Pendidikan Ilmu Komputer, Siti Nurazizah ke ITB jurusan Program Rekayasa dan lolos juga ke Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, Marisa Ramadanti Mausul ke IPB jurusan Ekonomi Sumber Daya dan Lingkungan, Pitriani Dwi Agustin ke IPB jurusan Vokasi Teknologi Produksi dan Manajemen Perkebunan, Clara Refelin Ophelia Simangunsong ke Universitas Maritim Raja Ali Haji jurusan Budidaya Perairan, Siti Maulidatul Hasanah ke UPI jurusan Pendidikan Jasmani kesehatan rekreasi (PJKR), dan Junika Dwi Kusrini ke UPI jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga.

Selain itu, ada juga empat siswa yang lolos pada seleksi penerimaan mahasiswa baru (Sipenmaru) Poltekes Bandung tahun 2023, yaitu Anggita Fitri Maulida jurusan Keperawatan, Aurylia Taffana jurusan Keperawatan, Restu Puji Haryanti jurusan Kebidanan, Siti Almas Jahra jurusan Kebidanan.

Baca juga: SMAN 1 Cigombong Kembangkan Karir GTK

Selain itu, prestasi lain juga diraih anak-anak didik SMAN 1 Cigombong, yang menunjang dalam seleksi SNBP maupun Sipenmaru, baik berkelompok maupun perorangan, diantaranya:

1. Dalam Piala gubernur Jawa Barat meraih dua katagori kejuaraan, yaitu juara dua paduan suara dan juara 3 kabaret dari 1.500 lebih peserta SMA/SMK negeri swasta se-Jawa Barat, dan hanya SMAN 1 Cigombong yang meraih dua katagori dari Kab. Bogor.

2. Taekwondo

Meraih 4 Emas, 2 Perak, 8 Perunggu dalam Kejuaraan Taekwondo SS teenager Challenge Bogor 2023 Menpora RI Tingkat 5 Provinsi dan meraih 2 emas, 1 perak dan 2 Perunggu dalam Kejuaraan ART Taekwondo Championship Tingkat Nasional.

3. Pencak Silat

Kejurnas Pencak Silat Bharaduta Championship Piala Menpora meraih 3 emas, 4 perak dan 2 perunggu.

4. Keagamaan

– Juara 1 cerdas cermat PAI se Kab. Bogor sehingga mewakili ke tingkat Provinsi.
– Juara harapan 2 dakwah dan MTQ
– Juara Harapan 3 lomba Video Sosiodrama Moderasi Beragama, BNPT 2022 tingkat Nasional.

5. Ekonomi

Juara umum Olimpiade akuntansi se-jabodetabek yang diselenggarakan oleh unpak.

6. Paskibra

Meraih juara 2 caraka dan juara 3 variasi terbaik

7. Bahasa Jerman

Juara 2 olimpiade bahasa Jerman tingkat regional Bogor enam kabupaten.

8. Dan meraih pula piala adiwiyata tingkat provinsi Jawa barat sehingga menuju adiwiyata tingkat Nasional.

“Alhamdulillah, prestasi SNBP dan Sipenmaru ini berkat imbas dari raihan beberapa prestasi siswa dari rangkaian berbagai kejuaraan yang diselenggarakan oleh lembaga pemerintahan maupun lembaga akademik, sehingga ini sebagai ajang pembuktian minat dan bakat  yang dimiliki oleh para siswa dalam meraih prestasi akademik maupun non akademik,” ucap Kepala SMAN 1 Cigombong, Raya Erwana.

“Dari berbagai kejuaraan itulah para siswa mendapat sertifikat yang ternyata bisa dijadikan rekomendasi untuk mengikuti SNBP maupun Sipenmaru tahun 2023,” tambah Raya.

Raya berharap, dengan pembuktian raihan berbagai prestasi ini, diharapkan akan memotivasi siswa untuk terus dan terus menggali potensi dirinya, sebagai bekal hidupnya kelak di kemudian hari, dan hal ini tentu akan menambah harum nama SMAN 1 Cigombong juga.

“Mohon doanya juga dari semua, beberapa hari yang lalu 45 siswa SMAN 1 Cigombong sudah mengikuti Olimpiade Sain Nasional tingkat Kabupaten dan beberapa hari ke depan akan mengikuti Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional dengan 14 cabang lomba dan juga mengikuti 8 Cabang lomba Olimpiade Olahraga Siswa Nasional. Mudah-mudahan mendapatkan hasil yang maksimal juga,” tandasnya. (ran)