25 radar bogor

SMAN 1 Cigombong Kembangkan Karir GTK

FOTO BERSAMA: Sejumlah GTK SMAN 1 Cigombong berfoto bersama usai mengikuti salah satu pelatihan yang digelar di sekolah, beberapa hari lalu. IST
FOTO BERSAMA: Sejumlah GTK SMAN 1 Cigombong berfoto bersama usai mengikuti salah satu pelatihan yang digelar di sekolah, beberapa hari lalu. IST

BOGOR-RADAR BOGOR, SMAN 1 Cigombong terus meningkatkan kualitas tenaga pendidiknya tiap tahun. Salah satunya dengan terus mengikuti guru tenaga kependidikan (GTK) pengembangan karir atau berbagai pelatihan di tiap bidangnya.

Kepala SMAN 1 Cigombong, Raya Erwana menjelaskan, berbagai pengembangan karir telah diikuti GTK SMAN 1 Cigombong, untuk mengembangkan ilmu, atau kemampuan GTK sekolah.

Misalnya saja bidang keakademikan. Kata Raya, sudah ada 39 GTK dari SMAN 1 Cigombong yang diikutsertakan dalam pengembangan karir.

“Seperti diikutsertakan jadi assesor GTK tingkat nasional, pengajar praktik guru penggerak, empat orang diantaranya lulus jadi guru penggerak, ada juga tujuh orang calon guru penggerak, dan lainnya,” jelas Raya kepada Radar Bogor, kemarin.

Kedua, lanjut Raya, yaitu pengembangan karir di bidang profesi. Pada bidang ini, lima guru SMAN 1 Cigombong menjadi Pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Tingkat kabupaten, untuk pelajaran kimia atas nama Hartati, Biologi atas nama Fitri, Sosiologi atas nama Yulianti, Bahasa Sunda atas nama Irani, dan ekonomi atas nama Siti Rokayah.

Lainnya, ada satu pengurus persatuan Taekwondo Dispora Kabupaten Bogor, juga 24 GTK Lolos PPPK, yang sudah ditempatkan di SMAN 1 Cigombong.

Sementara bidang kependidikan, Raya menyebut, sudah dua orang tata usaha sekolah melanjutkan pendidikan S1, dan dua orang guru lulus pendidikan S2.

Sedangkan dalam bidang keagamaan, satu GTK telah menjadi pelatih provinsi PPKB PAI Ditpai Kemenag RI 2022/2023, Fasilitator Puspeka Kemendikbud 2022, mengikuti diklat Cawas PAI Balai diklat Kemenag RI 2022, penulis kisi-kisi dan naskah soal ujian Ditpai Kemenag RI 2022/2023, role model CCT (Creative and Critical Thinking )program by UNDP, DPP AGPAII, dan Direktorat PAI 2023, orientasi Pengembangan Pembelajaran PAI Subdit PAI SMA/SMK/SMALB 2023, FGD 1 dan 2 CCT Program UNDP, DPP AGPAII dan Direktorat PAI Kemenag RI 2023, serta meraih juara Harapan 3, lomba Video Sosiodrama Moderasi Beragama, BNPT 2022.

“Dengan pengembangan karir GTK, diharapkan semua civitas yang sudah memiliki keahlian di bidang akademiknya masing-masing, bisa mengisi setiap lini posisi yang ada di dunia pendidikan, dari tingkat kabupaten, provinsi bahkan nasional, baik fungsional maupun struktural. Sehingga bisa mengibarkan dan membanggakan almamater yang lama, menjadi tempat tugasnya selama ini,” tutup Raya. (ran)

 

Pengembangan Karir GTK SMAN 1 Cigombong

 

Bidang Keakademikan

  • 1 orang Assesor Guru dan Tenaga Kependidikan tingkat nasional
  • 1 orang Pengajar praktik Guru Pengerak
  • 1 orang Calon Pengajaran praktik guru penggerak
  • 4 orang lulus Guru penggerak
  • 7 orang calon guru penggerak
  • 3 orang peserta calon pengawas sekolah
  • 4 orang Peserta Pendidikan Profesional Guru
  • 9 orang perserta Penelitian tindakan kelas bpsdm provinsi Jawa Barat
  • 3 orang Pembuat modul ajar untuk pmm plat merdeka mengajar
  • 5 orang Penulis soal ujian sekolah

 

Bidang Profesi

  • 5 guru menjadi Pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Tingkat Kabupaten:
  1. Kimia: Hartati
  2. Biologi: Fitri
  3. Sosiologi: Yulianti
  4. Bahasa Sunda: Irani
  5. Ekonomi: Siti Rokayah

 

  • 1 orang pengurus persatuan Taekwondo Dispora Kab. Bogor
  • 24 orang Lolos PPPK dan ditempatkan di SMAN 1 Cigombong

 

Bidang Kependidikan

  • 2 orang tata usaha melanjutkan pendidikan S1, 2 orang Guru lulus S2

 

Bidang Keagamaan

  1. Pelatih Provinsi PPKB PAI Ditpai Kemenag RI 2022/2023
  2. Fasilitator Puspeka Kemendikbud 2022
  3. Diklat Cawas PAI Balai diklat Kemenag RI 2022
  4. Penulis kisi-kisi dan Naskah Soal Ujian Ditpai Kemenag RI 2022/2023
  5. Role model CCT (Creative and Critical Thinking) program by UNDP, DPP AGPAII dan Direktorat PAI 2023
  6. Orientasi Pengembangan Pembelajaran PAI Subdit PAI SMA/SMK/SMALB 2023
  7. FGD 1 dan 2 CCT Program UNDP, DPP AGPAII dan Direktorat PAI Kemenag RI 2023
  8. SMAN 1 Cigombong meraih juara Harapan 3 lomba Video Sosiodrama Moderasi Beragama, BNPT 2022