25 radar bogor

Dua Hari Dibuka, Bacaleg Kota Bogor Masih “Malu-malu Kucing”

KPU Kota Bogor secara simbolis mulai membuka pendaftaran bacaleg untuk Pemilu 2024, Senin (1/5). (Instagram @kpu_kota_bogor)

BOGOR-RADAR BOGOR, Belum ada bakal calon legislatif (bacaleg) yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor. Tahap pendaftaran calon anggota legislatif Pemilu 2024 telah dibuka sejak Senin (1/5) lalu, hingga 14 Mei mendatang.

Ketua KPU Kota Bogor, Samsudin mengatakan, pihaknya telah bersurat ke partai-partai di Kota Bogor untuk memberi konfirmasi tertulis, dua hari sebelum kedatangannya ke Kantor KPU Kota Bogor.

Baca Juga: KPU Menangkan Gugatan, Putusan soal Penundaan Pemilu 2024 Gugur

Dengan begitu, KPU Kota Bogor bisa membuat jadwal kedatangan para partai politik untuk mengumumkan daftar calegnya, agar tidak berbentrokan.

“Belum ada partai yang kirim surat. Tapi beberapa ada yang mengirim pesan WhatsApp atau telepon, tapi belum ada kepastian kapan datangnya. Kami masih tunggu surat tertulisnya,” kata Samsudin, Selasa (2/5).

Menurut dia, dari 18 partai politik se-Kota Bogor, masing-masing partai dapat mendaftarkan bacaleg maksimal 50 orang. Caleg-caleg tersebut tersebar di lima daerah pemilihan (dapil).

“November baru boleh kampanye. Akhir November sampai Februari 2024, total masa kampanye 75 hari,” sebutnya.

Lebih lanjut, Samsudin menjelaskan pada Pemilu 2019, bakal caleg yang didaftarkan partai politik rata-rata lolos pada proses administrasi.

Beberapa di antaranya ada yang tidak lolos karena administrasi yang tidak lengkap, mengundurkan diri, meninggal dunia, atau digantikan oleh bakal caleg lain oleh pihak partai.

Baca Juga: Pendaftaran Dibuka, Bacaleg dan Partai Bakal Mulai Serbu KPU

“Nanti yang datang ke kantor KPU sekitar 10 orang saja. Mulai dari ketua, sekretaris, bendahara, dan perwakilan caleg dari masing-masing partai politik,” tutup dia.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto