25 radar bogor

Pendaftaran Dibuka, Bacaleg dan Partai Bakal Mulai Serbu KPU

KPU Kota Bogor secara simbolis mulai membuka pendaftaran bacaleg untuk Pemilu 2024, Senin (1/5). (Instagram @kpu_kota_bogor)

BOGOR-RADAR BOGOR, Wajah-wajah bakal calon legislatif (bacaleg) periode 2024–2029 mulai tergambar. Komisi Pemilihan Umum (KPU) serentak membuka pendaftaran bakal calon anggota DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota sejak hari ini, Senin (1/5).

Pendaftaran berlangsung hingga 14 Mei. Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menjelaskan, pendaftaran bacaleg DPR RI dan bakal calon anggota DPD RI dilakukan di kantor KPU RI. Sementara itu, bacaleg DPRD provinsi di kantor KPU provinsi masing-masing dan bacaleg DPRD kabupaten/kota di KPU kabupaten/kota setempat.

Baca Juga: Kader Bergerak Menangkan Prabowo dan Gerindra pada Pemilu 2024

Khusus pendaftaran DPD RI hanya bisa dilakukan oleh 700 bakal calon yang dinyatakan memenuhi syarat. Pendaftaran dilakukan pukul 08.00–16.00 waktu setempat (1–13 Mei) dan pukul 08.00–23.59 untuk 14 Mei mendatang.

Hasyim menjelaskan, semua parpol yang ditetapkan KPU sebagai peserta Pemilu 2024 harus menyampaikan SK. Isinya, persetujuan tentang nama-nama bacaleg DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota di semua tingkatan dan daerah pemilihan (dapil).
“SK itu disampaikan ke KPU pusat,” terangnya.

Anggota KPU Idham Holik menambahkan, pihaknya telah mengimbau pimpinan parpol agar menyerahkan dokumen lengkap saat pendaftaran. Sebelum datang ke kantor KPU, pimpinan partai memeriksa berkas persyaratan yang dibutuhkan. Jika ada yang kurang, mereka bisa melengkapinya sebelum pendaftaran.

Mulai 19–28 Agustus nanti, pihaknya akan membuka kesempatan bagi masyarakat untuk memberi masukan terkait daftar calon sementara (DCS). Warga bisa menyampaikan apa saja tentang bacaleg yang telah didaftarkan parpol ke KPU.

Baca Juga: KPU Menangkan Gugatan, Putusan soal Penundaan Pemilu 2024 Gugur

Misalnya, soal legalitas ijazah atau dokumen lainnya. Sementara itu, nama-nama daftar calon tetap (DCT) diumumkan pada 4 November.

“Karena itu, kami mengajak seluruh warga Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam masa pencalonan ini,” tegasnya.(*/jpg)

Editor: Imam Rahmanto