25 radar bogor

Mudik Lewat Jalur Pantura, Ini Tipsnya Biar Perjalanan Aman

Jalur Pantura
Ilustrasi Jalur Pantura

JAKARTA-RADAR BOGOR, Arus mudik Lebaran 2023 mulai tampak di sejumlah lokasi. Salah satunya di jalur Pantura alias Pantai Utara Jawa.

Ini merupakan rute lama yang menghubungkan kota-kota di bagian barat Pulau Jawa seperti Jakarta, Bekasi dan Tangerang dengan kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sebelum adanya Tol Trans Jawa seperti sekarang, Jalur Pantura adalah primadona.

Kini, nama Jalur Pantura muncul lagi di tengah musim Mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah. Hal ini lantaran Tol Trans Jawa khususnya Cipali diprediksi akan padat lantaran baru tahun ini masyarakat dibebaskan mudik setelah tiga tahun terakhir pandemi Covid-19 melanda.

Baca Juga : Mudik Bawa Anak, KPAI : Jaga Jangan Sampai Pisah

Diketahui, Pantura sebenarnya adalah jalur yang meliputi sejumlah ruas jalan tol, jalan nasional, dan jalan provinsi yang menghubungkan Jakarta dan sekitarnya dengan kota-kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan sebagian Jawa Barat.

Seiring perkembangan situasi dan kondisi, istilah Jalur Pantura selalu merujuk pada jalan non-tol yang melintasi Kota-kota pesisir utara pulau Jawa. Sejak terhubungnya Pulau Jawa dari barat ke timur dengan tol sepenuhnya, pemudik tentu lebih banyak memanfaatkan jalan bebas hambatan tersebut.

Praktis Pantura kini lebih banyak dipadati oleh pesepeda motor, bis dan para komuter. Namun bukan berarti jalur legendaris ini bisa kita lupakan. Pantura bisa jadi alternaitf jika tol Trans Jawa benar-benar padat merayap.

Sebelum adanya atau belum terhubungnya Tol Trans Jawa, Pantura menjadi sangat padat saat musim mudik Lebaran. Oleh karena itu, perlu melakukan persiapan yang matang dan mengikuti aturan lalu lintas serta petunjuk dari pihak berwenang untuk menghindari kemacetan dan memastikan perjalanan mudik berjalan aman dan nyaman.

Jalur ini cukup populer karena memiliki akses yang baik dan tersedia banyak fasilitas seperti rest area, SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum), dan tempat istirahat yang dapat digunakan oleh para pengendara selama perjalanan.

Namun perjalanan mudik melalui Jalur Pantura juga memerlukan perencanaan yang matang dan persiapan yang baik untuk menjalani perjalanan yang aman dan nyaman. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan Mudik via jalur Pantura.

Kondisi Mobil dan Rute Perjalanan

Sebelum memulai perjalanan mudik, pastikan mobil Anda berada dalam kondisi yang baik. Periksa mesin, rem, kaki-kaki, ban, serta kelengkapan kendaraan seperti lampu, klakson, AC, dan lainnya.

Pastikan juga dokumen kendaraan dan SIM Anda sudah lengkap dan masih berlaku. Perawatan yang baik pada mobil sebelum perjalanan akan mengurangi risiko kerusakan di tengah perjalanan di Pantura.

Sebelum memulai perjalanan, perencanaan rute dan waktu perjalanan sangat penting. Pastikan Anda mengetahui rute yang akan hendak dilalui melalui Pantura, serta perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.

Cek juga informasi terbaru mengenai kondisi lalu lintas, kemacetan, atau pengalihan arus di sepanjang rute Anda. Gunakan aplikasi peta atau navigasi yang dapat membantu dalam merencanakan rute dan menghindari kemacetan.

Perjalanan jarak jauh seperti mudik lewat Pantura dapat membuat cepat lelah. Pastikan Anda dan penumpang telah cukup istirahat sebelum memulai perjalanan dan menghindari mengemudi dalam kondisi mengantuk.

Selama perjalanan, lakukan istirahat yang cukup setiap 2-3 jam sekali, berjalan-jalan, dan minum air putih untuk menjaga kesehatan dan kewaspadaan Anda saat mengemudi.

Selalu tetap waspada terhadap kondisi lalu lintas. patuhi peraturan lalu lintas, dan hindari penggunaan handphone atau kegiatan lain yang dapat mengganggu konsentrasi Anda saat mengemudi.

Dirangkum dari laman resmi Auto 2000, hal selanjutnya yang mesti diperhatikan adalah memastikan Anda membawa segala kebutuhan perjalanan dengan cukup, seperti makanan ringan, air minum, obat-obatan pribadi, peta, ponsel dan charger, serta dokumen pribadi dan dokumen kendaraan.

Jangan lupa membawa uang tunai dan kartu pembayaran elektronik sebagai persiapan jika membutuhkan bahan bakar, tol, atau keperluan lainnya selama perjalanan.

Hindari Overloading

Selalu perhatikan kapasitas maksimal mobil Anda dan hindari overloading atau membawa muatan melebihi kapasitas mobil. Memaksakan membawa barang, muatan atau penumpang melebihi daya angkut mobil dapat membahayakan diri sendiri, penumpang dan pengguna jalan lainnya.

Mudik lewat Jalur Pantura memiliki banyak daya tarik dan keasyikan tersendiri bagi para pemudik. Buat yang gemar makan atau wisata kuliner, Anda dah keluarga akan terhibur berkat ragam kuliner maupun keunikan kota-kota sepanjang jalur legendaris ini.

Rute Pantura melewati daerah pesisir utara Jawa yang dikenal dengan keindahan pantai, sawah dan pedesaan yang hijau. Anda akan dapat menikmati pemandangan alam yang menawan selama perjalanan, seperti hamparan laut, dan beragam toko oleh-oleh khas daerah.

Baca Juga : Amankan Jalur-Jalur Rawan Kejahatan, Polri Siapkan Satgas Pengamanan Mudik 

Pantura juga terkenal dengan kuliner khas daerah yang lezat. Anda dapat menemukan beragam makanan enak seperti sate, ikan bakar, telur asin, teh poci, dan masih banyak lagi. Menyicipi kuliner lokal saat mudik lewat Pantura akan menjadi pengalaman kuliner yang tak terlupakan tersendiri.

Itulah beberapa alasan mengapa mudik lewat Jalur Pantura bisa menjadi pengalaman yang asyik. Namun, perlu diingat bahwa keselamatan, keamanan, dan kenyamanan selama perjalanan tetap menjadi prioritas utama. (jpg)

Editor : Yosep