25 radar bogor

Mudik Bawa Anak, KPAI : Jaga Jangan Sampai Pisah

Ilustrasi mudik bawa anak
Ilustrasi mudik bawa anak

JAKARTA-RADAR BOGOR, Masyarakat yang membawa anak saat mudik, diminta agar mengawasi ketat jangan sampai terpisah.  Hal itu disampaikan Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia atau KPAI Ai Maryati Solihah.

Baca Juga : Amankan Jalur-Jalur Rawan Kejahatan, Polri Siapkan Satgas Pengamanan Mudik 

Ia meminta agar semua pihak mengawasi anak dalam pelaksanaan mudik lebaran tahun ini. Ia menghimbau agar jangan sampai ada lagi laporan anak yang kehilangan orang tua di tengah euforia mudik.

“Mari kita cegah anak terpisah dari orang tua. Ini juga imbauan terkait bagaimana orang tua tetap mengawasi, tetap berada di samping anaknya,” ujar Ai kepada wartawan, Selasa (18/4). “Dan ini betul-betul harus dijaga karena pencegahan lebih utama,” tegasnya.

Pasalnya, tiap tahun di tengah banyaknya orang yang berjejalan untuk mudik, anak seringkali jadi terlupakan dan terabaikan. Hingga akhirnya selalu ada aduan anak hilang di stasiun maupun terminal.

“Beberapa tahun belakangan ini kan masih suka ada aduan anak pisah dengan orang tua. Jadi sekali lagi saya kira semua orang tua turut mengawasi agar itu tak terjadi,” imbau Ai.

Selain itu, ia juga meminta agar stasiun hingga terminal-terminal menyediakan fasilitas yang ramah anak. Termasuk tempat bermain agar anak nyaman dan tak rewel. “Anak-anak bisa menunggu dengan tidak bosan, jenuh, ngambek, dan lain-lain,” pungkas Ai.

Sebelumnya, polisi memprediksi puncak arus mudik lebaran 2023 akan terjadi pada tanggal 19-21 April 2023. Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di jalan tol, sistem satu arah akan diberlakukan.

Baca Juga : Pemudik Diprediksi Meningkat 45 Persen, Bima Arya Minta Pengamanan Lebih

“Kami pihak kepolisian akan memberlakukan sistem oneway pada tanggal 18 April mulai dari KM 72 hingga KM 414 karena puncak arus mudik akan terjadi pada H-2 dan H-1,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho dalam keterangannya, Minggu (2/4/2023).

Sementara untuk puncak arus balik mudik, ia memprediksi akan terjadi dua kali, yaitu pada 24-25 April 2023 atau H+2 dan H+3 lebaran dan 29 April-1 Mei 2023. “Nanti juga akan diberlakukan sistem oneway untuk arus balik, mulai dari KM 414 hingga KM 72,” jelas Sandi. (jpg)

Editor : Yosep