25 radar bogor

Petugas Bakal Cek Kendaraan yang Melintas di Kawasan Wisata

Petugas berjaga di sekitar jalur wisata, Gadog, Kabupaten Bogor. (Radar Bogor/Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Selain pengamanan mudik, petugas gabungan juga turut mengamankan libur lebaran 2023 di Kabupaten Bogor.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin mengatakan, Kabupaten Bogor memiliki banyak destinasi wisaya menarik untuk dikunjungi oleh keluarga saat liburan lebaran.

Baca Juga: Hindari Macet dan Penumpukan, Pemudik Berangkat Lebih Awal

“Oleh karena itu kami mengantisipasi, melonjaknya atau meningkatnya pengunjung, pada destinasi-destinasi wisata yang ada, kami sudah menggelar berbagai alternatif, baik itu jalur menuju tempat wisata,” ucapnya, Senin (17/4).

Menurutnya, jalur-jalur menuju kawasan wisata cenderung berbukit. Dibutuhkan kesiapan serta kesehatan kendaraan.

Untuk mengurangi potensi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, petugas bakal melakukan pengecekan kendaraan secara rutin menuju ke tempat-tempat wisata.

“Pada titik rest area yang ada di sebelum gate tol Ciawi dan gate tol Gadog, kami akan lakukan pengecekan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kesehatan kendaraan yang akan melalui jalur Puncak dalam kondisi yang prima, supaya terwujud kelancaran di jalur Puncak,” papar Iman.

Untuk diketahui, dalam Operasi Ketupat Lodaya 2023, sebanyak 1.500 personel gabungan tersebar di 190 Pos Gatur, 190 pos pengamanan, 1 pos pelayanan terpadu dan 1 posko utama.

Mereka bertugas mengamankan arus kendaraan selama 14 hari mulai 18 April 2023, dan tersebar di jalur Bogor bagian timur, barat dan selatan.

“Untuk jalur mudik, tentunya utama jalur wilayah barat yang berbatasan dengan banten, ini termasuk di dalamnya adalah Gunung Sindur, Parungpanjang, Jasinga, yang mengakomodir para pemudik dari Jakarta ke arah Banten,” jelas Kapolres.

Kemudian Jalur Transyogi di wilayah timur mulai dari Cileungsi, Jonggol, Cariu hingga Tanjungsari. Jalur tersebut yang digunakan para pemudik yang akan menuju Cianjur tanpa melewati kawasan Puncak.

Pemudik juga kini dapat memilih jalur tol yang langsung dari Jakarta menuju Sukabumi melalui Tol Cigombong – Parungkuda yang kini mulai dioperasionalkan.

Baca Juga: Personel Gabungan Bogor Siap Amankan Idulfitri dan Arus Mudik

“Di sepanjang jalur utama tadi, ada juga jalur-jalur alternatif yang bisa digunakan, apabila jalur utama menemukan hambatan,” pungkasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto