25 radar bogor

Personel Gabungan Bogor Siap Amankan Idulfitri dan Arus Mudik

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan memeriksa kesiapan semua petugas untuk mengamankan mudik dan Idulfitri 1444 H. (Radar Bogor/Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyebut, semua personel gabungan telah siap dalam mengamankan jalannya pelaksanaan Idul Fitri 1444 H serta mudik lebaran 2023.

Operasi Ketupat Lodaya dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari. Mulai dari 18 April hingga 1 Mei 2023. Mereka pun menerjunkan 1.500 personel gabungan.

Baca Juga: H-4 Lebaran, Jalur Puncak Masih Sepi Pemudik

“Kita bahu-membahu bagaimana membantu, yang sudah biasa rutin di semua daerah termasuk di Kabupaten Bogor, untuk pengamanan dan membantu kelancaran baik itu di kegiatan mudik atau lalu lintas yang Bogor ini sebagai daerah wisata,” ucap Iwan Setiawan, usai memimpin apel gelar pasukan di Area Stadion Pakansari, Cibinong, Senin (17/4).

Menurutnya, ini merupakan wujud nyata sinergitas Pemkab Bogor, Polri, TNI, dan stakeholder terkait, dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri.

Meski bukan tujuan kebanyakan pemudik, namun Bogor merupakan daerah jalur bagi para pemudik dan juga daerah pariwisata. Iwan memprediksi melonjaknya aktivitas masyarakat justru pada H+1 hingga H+10 usai lebaran.

“Itulah sebagainya Bogor ini yang akan cukup luar biasa, dan mungkin H-3 H-4 di jalur Puncak, Barat, Timur, Selatan sudah kelihatan,” jelasnya.

Untuk itu, dia meminta semua personel untuk siap dalam melaksanakan tugas, seiring terus memastikan kondisi kesehatan masing-masing.

Di dalam personel gabungan pun, sambung Iwan, terdapat petugas medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor.

Baca Juga: Pastikan Mudik Aman, Sopir Bus di Terminal Baranangsiang Dites Urine

“Saya mengimbau kepada personel, dan meminta kepada rumah sakit atau dinkes yang menjamin para petugas kesehatannya prima, bila perlu tambah vitamin kita bantu,” tukasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto