25 radar bogor

Gara-gara Rasa Kasihan, Asep Wahyuwijaya Mundur dari Demokrat

Politikus Partai Demokrat, Asep Wahyu Wijaya saat memberikan keterangan pada aawak Media atas pengunduran dirinya. (Radar Bogor/ Hendi Novian)

BOGOR-RADAR BOGOR, Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat dapil V Kabupaten Bogor, Asep Wahyuwijaya resmi mengundurkan diri dan berhenti dari Partai Demkorat per 14 April 2023.

“Dengan ini menyatakan mundur dan berhenti dari keanggotaan Partai Demokrat,” kata lelaki yang akrab disapa Kang AW, Jum’at 14 April 2023.

Ia memaparkan sejumlah alasan dirinya mengundurkan diri dari partai Demokrat itu. Hal itu juga memaksanya melepas jabatan sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Banyak Kader Demokrat Hengkang ke Partai Lain, AHY: Seleksi Alam

Pertama, ia khawatir keberadaan dirinya di Partai Demokrat membawa perseteruan yang tak berujung. Sebab, ia berencana akan mencalonkan diri sebagai calon DPR RI, bertarung dengan Anton Surrato yang saat ini anggota DPR RI sekaligus ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Barat.

Dengan suara yang dimilikinya pada kontestasi dua kali pileg ke belakang, suara Anton tak kunjung mengungguli suara Asep Wahyuwijaya. Oleh karena itu, Kang AW khawatir jika nanti suaranya bakal unggul dan mengalahkan Anton Surrato di DPR RI 2024 mendatang.

“Dalam dua kali perjalanan pileg kemarin, raihan suara Anton tak pernah melewati suara pribadi saya. Jika akhirnya ternyata benar-benar gagal dan tak berhasil mengalahkan raihan suara saya, apa kata dunia,” kata kang AW.

Selain itu, ia juga merasa iba dan kasihan kepada ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bogor, Dede Chandra Sasmita. Lantaran beberapa kali pengalaman mengikuti pencalegan di DPRD Kabupaten Bogor dan Provinsi Jawa Barat selalu gagal.

“Dengan diskresi saya selaku wakil ketua DPD PD Jabar nomor urut 2 kepadanya, hasilnya pun sama saja, gagal. Dengan raihan yang tak sanggup separuhnya pun dari raihan suara saya,” papar Kang AW.

Alhasil, dua alasan itulah yang membuat dirinya mundur di Partai Demokrat untuk menghadirkan resolusi politik kompromis dan penuh kedamaian.

Baca Juga: Layangkan Surat ke PN Bogor, Demokrat Lawan Moeldoko

“Saya rela memberikan jabatan anggota DPRD ke ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bogor menjadi anggota dewan giveaway, dengan maksud agar penampilannya berwibawa dan perilaku politiknya berkualitas,” tutup dia.(*)

Reporter: Hendi Novian
Editor: Imam Rahmanto