25 radar bogor

Layangkan Surat ke PN Bogor, Demokrat Lawan Moeldoko

BOGOR-RADAR BOGOR, Jajaran pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Bogor mendatangi kantor Pengadilan Negeri (PN) Bogor pada Senin (3/4).

Kedatangan pengurus partai berlambang Mercy itu untuk mengirimkan surat kontra memori sebagai bentuk perlawanan atas pengajuan Peninjauan Kembali (PK) yang dilayangkan Kepala Staf Presiden (KSP), Moeldoko ke Mahkamah Agung (MA) atas putusan kasasi terkait kasus kudeta Partai Demokrat.

Baca Juga: Pererat Koalisi, Surya Paloh dan AHY Lakukan Pertemuan Di Kantor Demokrat

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Bogor, Anita Primasari Mongan mengatakan, penyerahan surat kontra memori ke PN Bogor ini sesuai intruksi yang diberikan Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono melalui rapat commanders call yang dilaksanakan pada Senin pagi.

“Kita semua menjalankan instruksi beliau (AHY), terkait dengan diajukannya kembali PK Pak Moeldoko Cs sekitar 30 hari yang lalu,” kata Anita Primasari Mongan.

“Hari ini dari DPP Demokrat mengantarkan surat kontra memori ke MA dan diikuti oleh kami semua para Ketua DPC seluruh Indonesia untuk menyerahkan, dan menitipkan surat kepada Ketua MA melalui Ketua PN di daerahnya masing-masing,” sambung Anita.

Menurut Ketua DPC Partai Demokrat Kota Bogor, melalui surat ini pihaknya berharap agar aspirasi yang disampaikan jajarannya, dapat menghasilkan keputusan yang adil.

Sebab, surat kontra memori ini adalah surat perlindungan hukum terhadap Partai Demokrat yang ada di seluruh Indonesia.

“Disini kami berharap, aspirasi kami mendapatkan keputusan yang adil dan itu bisa didapatkan,” ucap dia.

Perempuan yang kerap disapa Anita itu dengan tegas menyatakan sikap pada Kepala KSP Moeldoko.

Menurut mereka, Moeldoko Cs masih mencoba-coba untuk mengambil alih Partai Demokrat pasca Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang pada 2021 lalu.

PK yang diajukan Moeldoko Cs dilakukan di MA untuk menguji putusan lasasi MA dengan Nomor Perkara No 487 K/TUN/2022, yang telah diputus pada tanggal 29 September 2022.

Sementara itu, Ketua PN Kota Bogor, Dr. Iman Luqmanul Hakim telah menerima kedatangan jajaran pengurus Demokrat Kota Bogor.

“Kalau kami di Pengadilan Negeri Kota Bogor pada prinsipnya, siapapun yang datang kepada kami, kemudian menyampaikan maksud dan tujuan yang jelas, bersilaturahmi dengan baik, pasti kami juga akan menerimanya dengan baik,” kata Iman.

Baca Juga: Baliho Anas Urbaningrum Berdiri Tak Jauh dari Rumah SBY, Ini Kata Demokrat

“Terlebih lagi, teman-teman dari Demokrat ingin menyampaikan surat yang sebenarnya ditujukannya buka ke PN Bogor, tetapi kepada Mahkamah Agung terkait dengan perkara di tingkat PK yang sedang diperiksa oleh MA. Karena teman-teman di Demokrat meminta kepada kami di PN Bogor untuk meneruskannya, ya kami teruskan ke MA,” tukas dia.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto