25 radar bogor

Balkot Open House, Bisa Lihat Pameran Foto dan Lukisan

Pengunjung melihat-lihat koleksi foto dan lukisan yang dipamerkan di Balai Kota Bogor, Senin (10/4). (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Menyambangi Balai Kota Bogor bisa menjadi pilihan ngabuburit baru bagi warga Kota Bogor.

Tempat Bima Arya bekerja itu kini tengah membuka pintunya lebar. Masyarakat dibebaskan untuk berkunjung dan mengabadikan momen langka tersebut, begini keseruannya.

Suasana berbeda tampak di Balaikota Bogor pada Ramadan tahun ini. Gedung yang biasanya dipadati pejabat dan aparatur sipil negara (ASN) itu kini justru diserbu puluhan masyarakat dari berbagai kalangan.

Baca Juga: Jadi Dosen Tamu di IPB, CEO Radar Bogor Group Beberkan Kunci Suksesnya

Ibu, bapak, anak muda tumpah ruah bersama. Dengan semangat mereka masuk dan asyik berswafoto di kantornya Bima Arya dan Dedie Rachim tersebut.

Pemerintah Kota Bogor memang tengah membuka kesempatan bagi masyarakat untuk berkunjung ke Gedung Balaikota pada gelaran Balkot Ramadhan Fest. Di event ini masyarakat bisa menikmati sajian bazar busana muslim, takjil, hingga bahan pangan murah.

Selain itu, digelar pula pameran lukisan dan foto hasil karya seniman asal Kota Bogor yang berlangsung di Paseban Suradipati, Balai Kota Bogor. Puluhan lukisan dan belasan foto yang merekam momen Ramadhan beberapa waktu lalu itu ditata rapi pada panel-panel yang memanjang.

Foto momen tarawih pertama di Madjid Istiqlal, salat berjemaah di Pelabuhan Sunda Kelapa, lukisan wajah pejuang kemerdekaan asal Sadeng, Kyai Mama Bakry, KH Maimun Zubair, hingga Presiden Joko Widodo menjadi sebagian karya yang terpajang di pameran ini.

Tak hanya itu, pameran juga menampilkan lukisan yang digambar pada media daun dan menggunakan cairan kopi sebagai tintanya. Hadir pula seni kaligrafi cantik yang dirangkai menggunakan cangkang telur.

“Total ada 32 karya seni yang dipamerkan. Terdiri dari 20 lukisan dan 12 foto. Tema yang kami angkat sesuai dengan event yang dihelat yakni tema ramadan. Maka dari itu kami mencoba menampilkan karya-karya yang bernuansa Islami,” ucap Ersta Andantino, kurator dalam pameran itu.

Ersta mengatakan, pameran tersebut melibatkan 3 kelompok seniman di antaranya seniman komunitas, seniman anak jalanan, dan seniman penyandang disabilitas. Total ada 13 seniman dan 10 fotografer.

Baca Juga: Balkot Ramadhan Fest, Sajikan Sembako Murah hingga Busana Muslim

“Kami sangat bersyukur bisa menggelar pameran di Balaikota. Sebab ini jadi pameran pertama yang kembali gelar di gedung ini setelah waktu yang lama. Lewat pameran ini kami mencoba mengangkat kembali seniman Kota Bogor sehingga giat berkarya dan semangat memamerkan karyanya,” tutur pria yang juga Koordinator Subsektor Seni Rupa Reka Bogor itu.

Puluhan karya ini juga terbuka untuk dibeli masyarakat. Untuk foto dibandrol dengan harga Rp300 ribu sementara lukisan mulai dari harga Rp2,5 juta. Kesempatan mengunjungi Balaikota dibuka pukul 10.00-17.00 WIB hingga Jumat 14 April 2023. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto