25 radar bogor

Meriahkan Ramadan, PATBM Garuda Ajak Anak Tanam Pohon dan Belajar Berbagi

PATBM Garuda menggelar Program Ramadhan Penuh Berkah (Ramah), yang salah satunya mengajak anak-anak untuk gemar berbagi. (Radar Bogor/ Reka Faturachman)

BOGOR-RADAR BOGOR, Lembaga Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat Gerakan Ruang Perlindungan Anak (PATBM Garuda) menggelar Program Ramadhan Penuh Berkah (Ramah) selama bulan suci Ramadan 1444 Hijriah.

Ketua PATBM, Garuda Iis Ismawati menjelaskan, program tersebut berisi sejumlah kegiatan di antaranya Gerakan Menanam Serentak Kolaborasi dan Kesadaran Cinta Peduli Lingkungan, (Gemes Kolak Candil), berbagi takjil, serta santunan anak yatim.

Baca Juga: PTQ Al Kautsar Bakal Gelar Silaturahmi Ramadan Bareng Tokoh NU Bogor

“Pada kegiatan Gemes Kolak Takjil kami bekerja sama dengan Pimpinan Cabang Ikatan Guru Roudhatul Athfal (PC IGRA) Bogor Utara untuk membagikan 1500 bibit pohon pada 1000 murid RA. Pohon tersebut nantinya akan ditanam di rumah dan sekolah masing-masing anak,” tuturnya kepada Radar Bogor, Jumat (7/4).

Isma menjelaskan, gerakan tersebut bertujuan untuk memenuhi hak anak atas informasi yang baik sehingga mereka tumbuh menjadi insan yang peduli kepada bumi dan cinta pada Indonesia.

“Dalam kegiatan itu kami juga mensosialisasikan pencegahan kekerasan pada anak. Karena saat ini tengah marak anak yang terdampak kekerasan fisik, seksual, penelantaran, verbal, hingga psikis atau mental,” terang Isma.

Selain menanam pohon, PATBM juga bekerja sama dengan RA Ad Darojah membagikan takjil dengan cara berkeliling menggunakan odong-odong yang berlangsung setiap hari Jumat selama bulan Ramadan.

Baca Juga: Jaga Listrik selama Ramadan dan Idul Fitri, PLN Siagakan 2.300 Posko dan 82.690 Personel

Program Ramah nantinya akan ditutup dengan kegiatan buka puasa bersama, santunan anak yatim, dan malam bina iman takwa (Mabit) pada Minggu (16/4) mendatang.

“Kami berharap ini dapat mengajarkan anak-anak untuk berbagi di usia dini,” tutupnya. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto