25 radar bogor

Kapolri Mutasi 7 Kapolda, Irjen Fadil Jadi Kabarhakam Polri

Kapolri
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mencatat 146 teroris berhasil ditangkap, termasuk kelompok MIT

JAKARTA-RADAR BOGORMabes Polri kembali melakukan rotasi dan mutasi jabatan sejumlah Kapolda. Sejumlah jabatan penting berpindah tangan, ada pula yang mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi.

Baca Juga : Tips Aman Naik Kereta Api Selama Mudik Lebaran

Mutasi di tubuh Mabes Polri ini tertuang dalam 4 surat telegram (ST) tertanggal 27 Maret 2023 yang ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono. Yakni ST/712/III/KEP./2023 sebanyak 8 personel, ST/713/III/KEP./2023 sebanyak 155 personel, ST/714/III/KEP./2023 sebanyak 193 personel, dan ST/715/III/KEP./2023 sebanyak 117 personel.

“Terdapat 4 ST Mutasi pada tanggal 27-03-2023. Secara keseluruhan terdapat 473 personel yang mutasi,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada wartawan, Rabu (29/3/2023).

Dalam telegram ini ada 7 Kapolda yang dipromosikan. Salah satu yang paling krusial adalah Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dipromosikan menjadi Kabarhakam Polri.

Posisinya digantikan oleh Irjen Pol Karyoto yang sebelumnya menjabat Deputi Penindakan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Selain itu, ada beberapa kapolda yang juga berganti, yakni Kapolda Sulteng nantinya dijabat oleh Irjen Agus Nugroho menggantikan Irjen Rudy Sufahriadi yang masuk masa pensiun.

Kemudian, Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel) nantinya bakal dijabat oleh Irjen Setyo Boedi Moemponi Harso menggantikan Irjen Nana Sudjana yang dirotasi menjadi Pati Itwasum Polri.

Baca Juga : Indonesia Waspada Virus Marburg, Gejalanya Mirip Demam Berdarah

Kapolda Jawa Barat (Jabar) akan dipimpin Irjen Akhmad Wiyagus, menggantikan Irjen Suntana yang menjadi Pati Baintelkam Polri.

Sedangkan posisi Kapolda Lampung yang saat dijabat Akhmad Wiyagus akan diemban oleh Irjen Helmy Santika. Posisi Helmy Santika di Kapolda Gorontalo akan digantikan Irjen Angesta Romano Yoyol. Kapolda Kalimantan Barat akan dijabat Brigjen Pipit Rismanto kedepannya. (net)

Editor : Yosep