25 radar bogor

Tips Aman Naik Kereta Api Selama Mudik Lebaran

Kereta api
Tips Aman Naik Kereta Api Selama Mudik Lebaran

MEMASUKI bulan puasa, pastinya orang-orang sudah mulai memikirkan rencana mudik lebaran. Ada banyak pilihan transportasi yang bisa digunakan saat akan mudik mulai dari naik pesawat, bus hingga pilihan transportasi yang paling nyaman yaitu kereta api. Apalagi saat ini, beli tiket kereta juga sangat mudah karena bisa dilakukan secara online atau paling simpel dengan klik link berikut https://www.blibli.com/travel/tiket-kereta-api.

Baca Juga : Ini Tips-Tips Berburu Tiket Kereta Api Mudik Lebaran 2023

Berbicara soal mudik dengan kereta api, tentu saja harus mempertimbangkan beberapa hal supaya di perjalanan tetap nyaman dan aman mulai dari berangkat hingga sampai ke kota tujuan. Apa saja yang perlu dipersiapkan dalam rangka mudik lebaran dengan kereta?

Mudik Lebaran Dengan Kereta Api

Berikut ini beberapa hal yang wajib Anda persiapkan untuk mudik lebaran naik kereta api lebih nyaman dan aman.

1. Jangan Bawa Banyak Barang

Meskipun Anda berangkat naik kereta api dalam rangka ingin mudik lebaran, namun tidak harus bawa banyak barang sekaligus karena bisa membuat anda kewalahan nantinya. Apalagi jika ingin mudik sendirian atau sedang bawa anak kecil, maka pastikan pintar memilah barang bawaan.

Bahkan bila perlu bisa bawa tas ransel saja, agar dapat dibawa masuk ke dalam gerbong tanpa dikenakan biaya tambahan. Selain ransel, Anda juga bisa bawa tas tangan agar lebih praktis selama perjalanan.

2. Pilih Bahan Tas Yang Ringan

Untuk perjalanan lebih nyaman jika anda mudik ke kota yang jauh seperti misalnya dari Jakarta ke Yogyakarta maka pastikan memilih tipe tas atau koper yang bahannya ringan. Hal ini agar ketika nantinya Anda di stasiun tidak kerepotan untuk mengangkat koper atau tas sendirian.

Namun jika terpaksa untuk bawa tas atau koper yang berat, maka Anda bisa sewa jasa porter di stasiun. Menggunakan jasa porter juga bisa sekalian berbagi rezeki dengan para porter yang baik hati dan juga profesional.

3. Pilih Posisi Duduk Yang Nyaman

Baik mudik dengan perjalanan dekat maupun jauh, maka pemilihan posisi duduk yang nyaman sangat disarankan. Meski memang khusus untuk kelas ekonomi dan bisnis, pada kereta api biasanya posisi tempat duduk anda tidak bisa ubah. Namun akan lebih baik jika Anda pilih posisi duduk maju searah dengan laju kereta.

Misalnya jika kereta anda jalannya ke arah barat maka pilih posisi yang menghadap ke barat pula. Cara ini agar mencegah Anda tidak mual selama naik kereta dan juga bisa mendapat pemandangan yang bagus selama perjalanan naik kereta.

4. Sebaiknya Tepat Waktu

Kereta api dikenal sebagai salah satu transportasi yang tepat waktu. Apapun kelas yang Anda pilih jadwal kereta api tentu saja sangat ketat. Jadi pastikan jangan pernah terlambat untuk datang ke stasiun jika tidak ingin ketinggalan kereta.

Usahakan datang ke stasiun minimal minimal 1 jam atau 30 menit sebelum keberangkatan apalagi untuk Anda yang harus melakukan print tiket lagi setelah di stasiun. Pastinya hal ini akan memakan waktu karena bukan cuman anda saja yang melakukan hal yang sama biasanya.

5. Jangan Lupa Identitas Diri

Agar perjalanan Anda nyaman, barang bawaan yang juga tidak boleh lupa untuk diselipkan di tas kecil adalah kartu identitas diri. Karena untuk masuk ke dalam peron keberangkatan di stasiun, biasanya petugas kereta memeriksa KTP dan mencocokkan dengan boarding pass yang sudah dicetak.

Selain KTP, Anda juga bisa memanfaatkan identitas diri lain seperti SIM atau paspor. Agar tidak kerepotan maka baiknya kartu identitas diri ini diselipkan saja pada tas kecil jangan malah dimasukkan ke ransel atau koper.

6. Pakai Pakaian Yang Nyaman

Melakukan perjalanan mudik, maka harus tahu bahwa kenyamanan adalah nomor satu. Salah satunya yaitu dengan menggunakan pakaian yang nyaman selama perjalanan dan pastikan bahwa jaket apalagi Anda yang melakukan perjalanan mudik di malam hari, agar tidak kedinginan sepanjang jalan.

Ada baiknya tidak perlu pakai pakaian yang sekiranya merepotkan selama di kereta api. Anda bisa kenakan kaos atau kemeja, lalu padukan dengan bawahan yang nyaman seperti celana jeans bahkan celana training.

7. Persiapan Bekal Selama Perjalanan

Di kereta api tentu saja Anda bisa menemukan pilihan makanan dan minuman yang dijual oleh pihak kereta api sendiri. Namun jika ingin hemat, maka bisa persiapkan bekal dari luar selama perjalanan. Terlebih untuk perjalanan jauh, lebih dari 5 jam maka persiapkan satu porsi makanan berat dan juga makanan ringan serta jangan lupa air mineral.

Jadi selama perjalanan Anda tidak perlu membeli makanan di gerbong restorasi kereta yang memang biasanya harganya jauh lebih mahal. Selain itu bawa bekal sendiri juga lebih sehat apalagi anda memasak makanan sendiri.

Baca Juga : Tiket Kereta Api Untuk Mudik Lebaran 2023 Bisa Dipesan Pekan Depan

Ketika mudik dengan kereta pastikan juga menaati peraturan yang berlaku. Seperti misalnya tidak menaruh tas di lorong atau tidak merokok, sepanjang perjalanan. Untuk perjalanan naik kereta dengan nyaman, pastikan Anda booking tiket lewat Blibli.

Karena marketplace ini menghadirkan penawaran harga tiket dengan harga terjangkau dan juga ditambah ada promo serta diskon. Sebagai salah satu marketplace terbaik di Indonesia, blibli menjadi salah satu tempat beli tiket yang cukup direkomendasikan karena sudah pasti praktis dan bisa online. (adv)

Editor : Yosep