25 radar bogor

Warga Pancasan Layangkan Surat Terbuka Untuk Bima Arya, Apa Harus Menunggu Korban 

Kampung pancasan
Warga RT I RW I Kampung Pancasan Kecamatan Bogor Selatan layangkan surat ke Bima Arya.

BOGOR-RADAR BOGOR, Novi Sasvianti, Ketua RT 1 RW 1 Kampung Pancasan, Kelurahan Pasirkuda, Kecamatan Bogor Barat melayangkan surat terbuka untuk Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Dalam suratnya, Novi meminta agar Pemerintah Kota Bogor mengambil langkah cepat untuk menangani bencana banjir yang ada di lingkungan Kampung Pancasan.

“Pada Selasa (14/3/2023) lalu wilayah ini terendam banjir setinggi 1,56 meter. Bukan hanya tergenang saja aliran air yang deras juga akhirnya merusak furniture, alat elektronik, freezer yang dimiliki UMKM, dan menjebol rumah warga,” tuturnya kepada Radar Bogor pada Kamis (23/3/2023).

Baca Juga : Bima Arya Bebaskan PKL Berjualan Takjil Selama Ramadan

Tingginya arus banjir lintasan itu bahkan mengancam nyawa warganya. Sebab di wilayah tersebut banyak ditinggali lansia dan anak-anak. Mereka terpaksa dievakuasi dengan cara digendong.

Diakui Novi, banjir memang kerap menerjang wilayah RT 1 RW 1 Kampung Pancasan. Ia menduga hal tersebut terjadi karena adanya penyempitan pada dua aliran sungai yang ada di kawasan tersebut.

Beberapa kali dirinya melaporkan hal tersebut pada aparatur wilayah namun tak kunjung ada penanganan. Ia khawatir bencana yang lebih besar akan menerjang kembali apabila tidak ada penanganan yang cepat.

“Di titik lain air sungai sampai hampir menjebol tembok yang dibawahnya ada perumahan warga. Harus segera dicarikan solusinya. Apa nunggu ada korban jiwa dulu baru ditangani?” tekannya.

Oleh karena itu dirinya meminta agar Bima dapat dengan cepat merealisasikan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT), membangun sodetan yang sudah diajukan dalam Musrenbang tahun 2022 lalu, serta menormalisasi sungai dari penyempitan bangunan ruko yang berdiri di atas aliran air. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep