25 radar bogor

Arus Mudik di Terminal Diprediksi Mulai H-7 Lebaran

Arus Mudik

BOGOR-RADAR BOGOR, Rapat terbatas persiapan arus mudik yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan pada Jumat (23/3/2023), menyatakan bahwa cuti bersama Hari Raya Fitri 1444 Hijriah menjadi 19—25 April 2023.

Baca Juga : Dibalik Lezatnya Roti Kanung Bogor, Gurih Canai Bawa Kak Nur Sarjanakan 6 Anak

Merespons kondisi ini, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Terminal Bubulak, Sumardono memprediksi lonjakan arus  mudik akan mulai terjadi pada H-7 lebaran atau sekira 14 April 2023. Sementara, untuk arus balik dirinya memprediksi terjadi pada H+7 lebaran atau sekira 28 April 2023.

Dirinya mengatakan, pihaknya akan menyiapkan sejumlah hal untuk menyambut kondisi tersebut. Di antaranya ialah melakukan pemantauan arus mudik dan pembuatan posko angkutan.

“Karena bukan terminal utama arus mudik, jadi kemungkinan tidak terlalu banyak. Terkait pelayanan kami hanya melakukan pemantauan dan membuat posko angkutan di depan terminal,” ucapnya keapda Radar Bogor pada Sabtu (25/3/2023).

Sumardono mengungkapkan, armada yang dilayani Terminal Bubulak didominasi kendaraan Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) Bubulak-Grogol dan Bubulak-Senen.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca di Bogor Sabtu 25 Maret 2023, Hujan dan Angin Kencang

“Sementara itu untuk yang arus mudik Angkutan Kota Antar Provinsi kebanyakan ke daerah Jawa Tengah” imbuhnya.

Pilihan moda transportasi dilihatnya memberikan pengaruh pada jumlah penumpang pasca pandemi Covid-19. Selain bus, pemudik juga saat ini banyak menggunakan kereta sebagai koda transportasinya. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep