25 radar bogor

Awal Ramadan, Harga Cabai Rawit Merah Tembus 80 Ribu

Pedagang menjajakan cabai di Pasar Cibinong, Bogor, selama bulan Ramadan. (Radar Bogor/ Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Memasuki bulan suci Ramadan 2023, harga cabai rawit merah menembus harga Rp80 ribu perkilogram. Sementara harga komoditas lain berdasarkan data di Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Bogor cenderung stabil.

Ujang (35), salah seorang pedagang cabai di Pasar Cibinong mengatakan, kenaikan harga bahan pokok setiap tahunnya selalu mengalami kenaikan.

Baca Juga: Cegah Perang Sarung Pelajar Saat Ramadan, Disdik Bakal Lakukan Ini

“Cabai rawit merah yang naiknya sampai Rp80 ribu per kilogram, biasanya cuman Rp50 ribu per kilogramnya,” ungkap Ujang, Jumat (24/3).

Menurutnya, kenaikan harga tersebut menurutnya sudah terprediksi ketika jelang bulan ramadhan maupun saat jelang hari lebaran.

Meski begitu, hal itu tidak berpengaruh terhadap penjualan cabai. Masyarakat yang gemar dengan cabai tetap mampu membeli meski kenaikan harga cukup tinggi.

“Mungkin karena kebutuhan untuk sahur sama buka puasa, jadi masih pada beli,” kata Ujang.

Sementara untuk harga jenis cabai lainnya terbilang stabil. Untuk cabai merah berada di harga Rp40 ribu per kilogram. Cabai rawit hijau Rp30 ribu per kilogram. Sementara untuk bawang putih Rp30 ribu per kilogram dan bawang merah Rp40 ribu.

Terpisah, Kepala Bidang Tertib Niaga Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Bogor, Anton Sudjana mengatakan, masyarakat dapat mengakses harga kebutuhan pokok atau pangan strategis di aplikasi Daftar Informasi Harga (DIRGA). Dan aplikasi tersebut terkoneksi langsung dengan aplikasi di Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Anda Penderita Diabetes Tipe 2? Berikut Cara Aman Berpuasa Ramadan

“Rata-rata harga kebutuhan pokok di aplikasi ini terbaca, karena aplikasi ini diinput oleh 27 pasar, bekerja sama dengan PD Pasar menginput 61 jenis komoditas di pasar,” jelasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto